Iklan merupakan salah satu media promosi yang sangat efektif dalam memasarkan banyak sekali produk kepada konsumen. Tujuann iklan yaitu untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat. Dengan beriklan dibutuhkan sanggup menarik perhatian masyarakat, selanjutnya dibutuhkan masyarakat mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau memakai produk yang diiklankan tersebut. Untuk sanggup menarik pembeli tentunya iklan harus dipersiapkan baik dari segi bahasa maupun struktur iklan.
Iklan merupakan bentuk pemakaian bahasa yang dipakai sedemikian rupa sehingga pesan yang dikandungnya sanggup diterima oleh masyarakat. Iklan sanggup menjangkau hampir semua lapisan masyarakat, sehingga keberhasilan sebuah iklan sangat bergantung pada kemahiran seseorang dalam memakai bahasa. Dalam menyusun sebuah iklan, pembuat iklan harus memperhatikan unsur-unsur kebahasaan sebagai titik tolak penulisan sehingga pesan yang akan disampaikan sanggup diterima pembacanya secara terang dan utuh. Teks iklan mempunyai fungsi sosial untuk menjelaskan sebuah teori/ duduk perkara secara komprehensif dengan tujuan mendorong orang lain melakukan/tidak melaksanakan sesuatu. Pada pelajaran ini, kalian mempelajari teks iklan yang membahas bagaimana menarik perhatian konsumen dengan memakai keindahan bahasa iklan.
Ketika membaca sebuah iklan, niscaya akan mempunyai sudut pandang yang sanggup saja berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Menurut saya pemakaian warna, warna sanggup membantu daya ingat, sehingga sesuatu akan lebih gampang diingat bila ada warnanya. Pada iklan tersebut hanya memakai warna dasar hitam saja. Paduan warna dalam sebuah iklan akan mengubah penampilan dan daya tarik bagi orang yang melihatnya. Sebuah warna yang baik tentu saja akan menambah keunggulan tersendiri untuk iklan. Sebuah iklan yang mengutamakan konten manis tapi pemilihan warnanya sangat norak akan mengalihkan perhatian calon pelanggan. Selain itu, berdasarkan saya iklan tersebut mempunyai struktur yang kurang lengkap.
Iklan yang baik mempunyai struktur orientasi^tubuh iklan^justifikasi. Pada iklan tersebut hanya menampilkan badan iklan saja, jikalau dituliskan maka struktur iklan tersebut yaitu sebagai berikut.
Iklan yang baik mempunyai struktur orientasi^tubuh iklan^justifikasi. Pada iklan tersebut hanya menampilkan badan iklan saja, jikalau dituliskan maka struktur iklan tersebut yaitu sebagai berikut.
Struktur Teks | Teks |
Orientasi | - |
Tubuh iklan | Mari Berhemat Listrik, cukup 10w/jam |
Justifikasi | - |
Ciri kebahasaan teks iklan yaitu adanya kaidah pernyataan berisi bujukan untuk menganjurkan hal yang tertera dalam iklan tersebut. Selain kalimat yang berupa bujukan, iklan sanggup berupa kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat seruan, kalimat persilaan, kalimat ajakan, dan kalimat larangan.
Berbicara ihwal penggunanan bahasa, tidak akan terlepas dari bahasa, pemakai dan pemakaiannya. Bahasa apa yang akan dipilih tentu akan berkaitan dengan siapa yang berbicara, kepada siapa berbicara, apa yang dibicarakan, di mana berbicara. Dalam situasi formal tentulah ragam formal yang dipilih, sedangkan dalam situasi nonformal tentu pula ragam nonformal yang digunakan.
Berbicara ihwal penggunanan bahasa, tidak akan terlepas dari bahasa, pemakai dan pemakaiannya. Bahasa apa yang akan dipilih tentu akan berkaitan dengan siapa yang berbicara, kepada siapa berbicara, apa yang dibicarakan, di mana berbicara. Dalam situasi formal tentulah ragam formal yang dipilih, sedangkan dalam situasi nonformal tentu pula ragam nonformal yang digunakan.
Sebagai alat untuk memberikan informasi, iklan dibutuhkan memakai bahasa Indonesia secara sempurna sesuai kaidah yang berlaku. Pelanggaran kaidah gramatika dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam iklan masih banyak terjadi. Selain penyimpangan kaidah gramatika yang berupa kelompok kata, dalam bahasa iklan pun sering dijumpai bentuk bahasa campuran, terutama dengan bahasa Inggris. Tugas kalian yaitu menemukan pola iklan yang mempunyai bentuk bahasa campuran, baik adonan antara bahasa Indonesia dengan bahasa kawasan maupun antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Seperti pola di bawah ini.
Teks Iklan | |||
---|---|---|---|
No. | Bahasa Indonesia saja | Bahasa Indonesia dan bahasa daerah | Bahasa Indonesia dan bahasa asing |
1. | Ngobrol Tanpa Batas Ke Semua Operator. Beli Sekarang.Tekan*999*55# | “ Orang pinter kalah sama orang bejo” (iklan tolak angin ) bejo = beruntung | Forever Kartu AS Forever Aktifnya, Forver Murahnya dan Forever Pake-nya |
2. | Ngobrol Sepuasnya Seharian Tetap 0,5 /dtk. Gak Ada Batas | simPATI Talkmania. Ngobrol Sababaraha Kali, Sapoe Jeput Hanya Rp.2000 | Untuk Semua Kebutuhan Internetku. My simPATI, my Style |
3. | Liburan Pasti Lebih Seru Dengan IM3 Seru Anti Galau | Smartfren Anti Lelet. Internetan Pasti Ngebut !!! | Nelpon Soulmate-mu Sepuasnya Setahun cuma 10 ribu |
4. | Gratis SMS Ke Semua Operator Sesukamu !. Tekan *123*300# | Bersih, Jujur, Ojo Dumeh (arti ojo = jangan Dumeh = sombong,pamer,lupa diri) | “ update rasa loe “ ( mie sedaap cup ) |
4. | Jiwa Laki Bukan Pengecut. Laki Minum Extra Joss | Kuku Bima Energi "Roso"(Jawa : bertenaga) | "Extra Joss, The Real Joss, Terbukti" |
Kosakata Bahasa Indonesia yaitu identitas dari sebuah negara. Kehilangan bahasa berarti sebuah perencanaan untuk menghilangkan kebudayaan itu sendiri. Bagaimanapun bahasa yaitu sistem kesadaran dan penandaan (selain waktu) yang paling penting bagi insan untuk bertahan hidup dan mempunyai identitas. Keterlibatan kita dalam penghilangan bahasa Indonesia berarti keterlibatan untuk menghilangkan kebudayaan Indonesia itu sendiri.
No comments:
Post a Comment