Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis POS Ujian Sekolah SD/MI dan Kisi-kisi Ujian Sekolah untuk SD/MI tahun 2016. POS Ujian Sekolah SD/MI tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor : 045/H/Hk/2015 Tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah/Madrasah Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, SD Luar Biasa, dan Penyelenggara Program Paket A/Ula Tahun Pelajaran 2015/2016 tanggal 17 Desember 2015.
Prosedur Operasional Standar merupakan contoh dalam penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, SD Luar Biasa, dan Penyelenggara Program Paket A/ULA Tahun Pelajaran 2015/2016.
Berdasarkan Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah/Madrasah Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, SD Luar Biasa, dan Penyelenggara Program Paket A/Ula Tahun Pelajaran 2015/2016 atau POS US SD/MI 2016, Jadwal pelaksanaan US/M Tahun Pelajaran 2015/2016 akan dilaksanakan mulai tanggal 16 Mei 2016 hingga dengan 18 Mei 2016. Setelah jadwal Ujian Nasional bagi Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas diterbitkan, kini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI menerbitkan jadwal Ujian Sekolah (US) bagi siwa SD/MI Sederajat yang disebut US/M. Jadwal Pelaksanaan US/M Tahun Pelajaran 2015/2016 ialah sebagai berikut.
No. | Ujian | Hari dan Tanggal | Pukul | Muatan/Mata Pelajaran |
1. | US/M | Senin 16 Mei 2016 | 08.00 - 10.00 | Bahasa Indonesia |
Susulan | Senin 23 Mei 2016 |
2. | US/M | Selasa 17 Mei 2016 | 08.00 - 10.00 | Matematika |
Susulan | Selasa 24 Mei 2016 |
3. | US/M | Rabu 18 Mei 2016 | 08.00 - 10.00 | Ilmu Pengetahuan Alam |
Susulan | Rabu 25 Mei 2016 |
Dengan diterbitkannya jadwal pelaksanaan Ujian Sekolah, maka para siswa SD/MI sederajat harus sudah mempersiapkan diri dari sekarang. Persiapan tersebut yaitu dengan mempelajari soal-soal US tahun sebelumnya, juga mempersiapkan mental agar tidak down ketika melaksanakan US. Banyaknya soal tiap mata pelajaran ialah sebagai berikut: Bahasa Indonesia sebanyak 50 butir Pilihan Ganda (PG) dikerjakan dalam waktu 120 menit. Matematika sebanyak 40 butir PG dikerjakan dalam waktu 120 menit. IPA sebanyak 40 butir soal PG dikerjakan dalam waktu 120 menit.
Kisi-kisi Ujian Sekolah tahun 2016 merupakan salah satu lampiran dalam surat keputusan di atas. Seperti tahun yang kemudian materi Ujian Sekolah terdiri dari tiga mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Berikut ini kisi-kisi Ujian Sekolah Tahun 2016.
1. BAHASA INDONESIA No. | Materi | Indikator |
A. MEMBACA |
1. | Membaca nonsastra | - Menentukan kalimat utama paragraf wacana makhluk hidup atau lingkungan
- Menentukan wangsit pokok paragraf
- Menentukan akhir paragraf
- Menentukan pernyataan sesuai isi paragraf
- Menentukan kalimat tanya sesuai isi paragraf
- Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan dengan kata tanya: bagaimana, mengapa.
- Memprediksi bencana berkaitan dengan isi bacaan
- Mengambil isu dari isi teks sederhana untuk melengkapi tabel
- Memaknai kata/istilah dalam paragraf
- Menentukan antonim/sinonim dalam kalimat
- Menentukan topik teks percakapan
- Menentukan kalimat sesuai isi iklan
- Menentukan isi paragraf laporan
- Menanggapi isi paragraf isyarat
- Menentukan makna kata dalam paragraf isyarat
- Menentukan pernyataan sesuai dengan isi paragraf instruksi
- Menentukan pernyataan sesuai dengan isi teks klarifikasi (teks prosedur)
- Menentukan isi pidato
- Mengidentifikasi jenis-jenis paragraf
- Menentukan nomor telepon ke suatu tujuan menurut beberapa kode telepon wilayah dan nomor telepon beberapa kota pada gambaran
- Menentukan persamaan/perbedaan isi teks
|
2. | Membaca sastra | - Menentukan pesan pantun
- Menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng dengan kata tanya:bagaimana, mengapa
- Menentukan tabiat tokoh dongeng
- Menentukan amanat dongeng
- Mentukan latar dongeng
- Menjelaskan sifat tokoh utama dalam dongeng
- Menentukan tema dongeng
- Menentukan maksud pernyataan pada pecahan dongeng tertentu
- Menentukan keteladanan tokoh dongeng
- Memprediksi bencana berkaitan dengan isi dongeng
- Menentukan nilai moral positif dalam dongeng
- Menentukan kesimpulan dongeng
- Menentukan maksud syair
- Menentukan makna kata kias pada syair
|
B. MENULIS |
3. | Menulis terbatas | - Melengkapi teks percakapan
- Menyusun kalimat-kalimat petunjuk penggunaan sesuatu
- Melengkapi teks petunjuk melaksanakan sesuatu
- Menyusun kalimat-kalimat cara menciptakan sesuatu
- Melengkapi paragraf dengan kalimat
- Melengkapi paragraf dengan istilah
- Melengkapi pantun
- Melengkapi paragraf dengan kata baku wacana hemat energi
- Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph padu
- Melengkapi iklan dengan kata/kalimat wacana hemat energi
- Menyusun kalimat iklan yang efektif sesuai dengan gambar
- Melengkapi paragraf laporan dengan kalimat
- Mendiskripsikan gambar mahluk hidup/lingkungan
- Menyusun kalimat-kalimat hasil pengamatan menjadi paragraf laporan
- Melengkapi teks pidato persuasif dengan kalimat
- Menggunakan ungkapan dalam kalimat
- Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf narasi
- Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf deskripsi
|
4. | Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca | - Menunjukkan kesalahan penggunaan kata pada paragraf
- Menggunakan ejaan sesuai kaidah
- Menggunakan tanda baca sesuai kaidah
- Memperbaiki kesalahan ejaan pada kalimat/paragraf
- Memperbaiki kesalahan tanda baca pada kalimat
- Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
- Memperbaiki penggunaan kata bentukan/berimbuhan pada kalimat
- Memperbaiki tata kalimat pada paragraf
|
2. MATEMATIKA No. | Materi | Indikator |
A. BILANGAN |
1. | Operasi hitung bilangan | - Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
- Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
- Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bundar (positif dan negatif)
- Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bundar (positif dan negatif)
- Menyelesaikan duduk kasus daypikir yang melibatkan operasi hitung bilangan bundar wacana energi.
|
2. | FPB dan KPK | - Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi.
- Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka.
- Menyelesaikan duduk kasus daypikir yang berkaitan dengan FPB atau KPK.
|
3. | Pangkat dan akar bilangan | - Menghitung operasi bilangan suatu bilangan pangkat
- Menentukan perhitungan bilangan perpangkatan tiga
- Menghitung operasi bilangan suatu bilangan akar
- Menentukan hasil akar pangkat tiga.
|
4. | Pecahan | - Menyederhanakan pecahan
- Mengurutkan banyak sekali bentuk pecahan
- Menentukan hasil operasi penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
- Menentukan hasil operasi perkalian atau pembagian bilangan pecahan
- Menyelesaikan duduk kasus daypikir yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan
- Mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya
- Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan banyak sekali bentuk pecahan.
- Menyelesaikan duduk kasus wacana perbandingan senilai yang bertema makhluk hidup.
- Menyelesaikan soal wacana skala yang berkaitan dengan tema makhluk hidup.
|
B. GEOMETRI DAN PENGUKURAN |
5. | Satuan ukuran | - Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.
- Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan berat yang berbeda.
- Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan waktu yang berbeda.
- Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.
- Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda.
- Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda.
- Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan jarak, waktu, dan kecepatan.
- Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan debit.
|
6. | Sifat dan unsur berdiri datar (segitiga, segiempat, lingkaran) | - Menentukan berdiri datar menurut sifatnya.
- Menentukan kesebangunan pada berdiri datar.
- Menentukan keliling segiempat
- Menentukan keliling lingkaran
- Menentukan luas segitiga atau segiempat
- Menentukan luas lingkaran.
- Menentukan luas pecahan lingkaran (setengah, seperempat atau tigaperempat)
- Menentukan luas atau keliling adonan dua berdiri datar
- Menyelesaikan duduk kasus daypikir yang berkaitan dengan berdiri datar
|
7. | Sifat dan unsur berdiri ruang (kubus, balok, tabung) | - Menentukan berdiri ruang menurut sifatnya.
- Menentukan luas permukaan kubus atau balok.
- Menentukan volume tabung.
- Menentukan jaring-jaring dari salah satu berdiri ruang.
- Menentukan volume adonan dua berdiri ruang.
- Menyelesaikan soal dongeng yang berkaitan dengan berdiri ruang.
|
8. | Bidang dan letak Koordinat | - Menentukan letak titik koodinat
- Menentukan salah satu koordinat berdiri datar yang belum diketahui.
|
9. | Simetri dan pencerminan | - Menentukan banyaknya sumbu simetri pada salah satu berdiri datar.
- Menentukan hasil pencerminan berdiri datar
|
C. PENGOLAHAN DATA |
10. | Satuan ukuran | - Menyajikan data dalam bentuk tabel.
- Membaca data dalam bentuk tabel atau data acak/random.
|
11. | Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan data | - Menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
- Menentukan diagram lingkaran dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
- Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
- Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
- Menentukan rata-rata hitung dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak
- Menentukan modus dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak.
- Menentukan median (data tengah) dari data yang diberikan
- Menyelesaikan duduk kasus bertema makhluk hidup yang berkaitan dengan rata-rata.
- Menyelesaikan duduk kasus bertema makhluk hidup yang berkaitan dengan modus.
- Menafsirkan hasil pengolahan data berbentuk diagram, tabel, atau data acak yang bertema makhluk hidup.
|
3. ILMU PENGETAHUAN No. | Materi | Indikator |
A. MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA |
1. | Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan | - Mengidentifikasi ciri khusus flora yang hidup di lingkungan tertentu.
- Menjelaskan fungsi bentuk luar badan binatang yang merupakan ciri khusus dari binatang tersebut.
- Menentukan dasar pengelompokan hewan.
- Menggolongkan binatang menurut jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
- Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama binatang dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel..
|
2. | Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem | - Mengidentifikasi rantai kuliner pada ekosistem tertentu.
- Menentukan organisme yang sanggup menduduki pecahan pada rantai kuliner yang tidak lengkap.
- Menentukan tugas organisme tertentu dalam suatu rantai kuliner yang disajikan dalam gambar.
- Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai kuliner punah atau berkembang dengan pesat.
- Memberikan contoh hubungan yang bersahabat antarmakhluk hidup (simbiosis).
- Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem menurut gambaran contoh yang diberikan..
|
3. | Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup | - Menentukan cara perkembangbiakan flora tertentu yang disajikan dalam gambar.
- Memberikan contoh flora yang sanggup dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami.
- Memberikan dua contoh binatang yang berkembang biak dengan cara tertentu.
- Menentukan pasangan yang sempurna antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam tabel.
- Mengidentifikasi cara binatang tertentu beradaptasi terhadap lingkungannya menurut ilustrasi.
- Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan beradaptasi dengan cara tertentu.
- Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
|
4. | Pelestarian lingkungan | - Menjelaskan cara melestarikan lingkungan menurut kasus wacana kondisi lingkungan di suatu daerah.
- Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan.
- Menjelaskan akhir dari aktivitas insan yang sanggup mensugesti keseimbangan lingkungan menurut gambaran yang disajikan.
- Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, banjir, dll.
|
B. STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP |
5. | Bagian badan tumbuhan/hewan dan fungsinya | - Menjelaskan fungsi pecahan badan tumbuhan/hewan.
- Menjelaskan manfaat pecahan badan tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia.
|
6. | Daur hidup beberapa hewan | - Mengidentifikasi binatang yang mengalami daur hidup menyerupai tampak pada gambar/diagram.
- Menentukan salah satu tahapan daur hidup binatang tertentu yang merugikan atau menguntungkan insan menurut ilustrasi.
|
7. | Rangka manusia | - Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
- Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
- Menjelaskan fungsi pecahan rangka yang disajikan dalam gambar.
|
8. | Sistem organ pada manusia | - Menjelaskan fungsi pecahan pendengaran yang ditunjuk dalam gambar.
- Menjelaskan fungsi pecahan yang ditunjuk pada gambar sistem pernapasan.
- Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu .
- Menjelaskan fungsi organ pada manusia..
|
C. BENDA DAN SIFATNYA |
9. | Sifat benda | - Menentukan pasangan yang sempurna antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel.
|
10. | Perubahan benda | - Menentukan pasangan yang sempurna pada tabel contoh aktivitas dan perubahan wujud benda yang terjadi.
- Menjelaskan faktor-faktor yang menjadikan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan).
|
C. GAYA DAN GERAK |
11. | Gaya dan gerak | - Menyebutkan jenis gaya dalam aktivitas sehari-hari menurut gambar.
- Menyebutkan contoh aktivitas yang mengatakan gaya sanggup mengubah gerak, arah , atau bentuk benda.
|
12. | Bentuk energi dan perubahannya | - Menentukan bentuk energi pada alat/benda dikala dipakai menurut gambar.
- Menentukan alat-alat yang memiliki perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
- Menunjukkan gambar benda atau aktivitas yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
- Menentukan cara menghemat energi menurut gambaran wacana kelangkaan energi.
|
13. | Suhu dan kalor | - Menjelaskan penerapan aktivitas yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan.
- Menyebutkan penggunaan benda menurut sifat hantaran panas.
- Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
- Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari.
|
14. | Bunyi dan cahaya | - Menyebutkan benda-benda yang sanggup menyerap suara untuk mencegah gaung.
- Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
- Menentukan arah bayangan benda kalau posisi sumber cahaya diubah menurut gambar.
- Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi menurut gambaran suatu kegiatan/gambar.
|
15. | Listrik dan magnet | - Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
- Menentukan cara menciptakan magnet menurut gambar..
|
E. BUMI DAN ALAM SEMESTA |
16. | Sumber daya alam | - Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam menurut gambar.
- Menentukan beberapa sumber daya alam yang sanggup diperbaharui atau tidak sanggup diperbaharui.
- Menjelaskan dampak pengambilan materi alam terhadap pelestarian lingkungan.
|
17. | Daur air | - Menentukan tahapan daur air menurut gambar.
- Menjelaskan aktivitas insan yang sanggup mensugesti daur air.
|
18. | Sistem tata surya | - Menjelaskan akhir gerakan bumi/ bulan terhadap matahari.
- Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
- Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
- Menentukan nama planet menurut ciri-cirinya.
- Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah.
|
No comments:
Post a Comment