Friday, July 31, 2020

Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Iklan

Salah satu fungsi sosial teks iklan ialah membantu menggerakkan sikap khalayak untuk lebih baik. Iklan berfungsi membantu menggerakkan suatu perubahan standar hidup yang ditentukan oleh kebutuhan insan seluruh dunia. Melalui publikasi iklan bisa menggugah pandangan orang wacana suatu peristiwa, kemudian meningkatkan sikap, afeksi yang positip dan diikuti tindakan pelaksanaan kasatmata atau tindakan sosial. Fungsi sosial yang harus disampaikan pembuat iklan kepada masyarakat yang membacanya. Secara umum iklan memberi warta produk sekaligus mencapai tujuan utamanya yaitu memasarkan produk kepada masyarakat. Masyarakat selalu memanfaatkan iklan untuk mendapat warta mengenai suatu produk. Iklan biasanya dibentuk untuk memperkenalkan produk gres atau memberikan keunggulan suatu produk.

Pada kiprah ini Anda diajak untuk menginterpretasi fungsi sosial teks iklan yang berafiliasi dengan energi. Terutama energi listrik alasannya ialah listrik merupakan sumber energi yang tidak sanggup diperbarui. sumber energi listrik sanggup habis, sehingga perlu di hemat dalam penggunaannya. Penghematan energi ialah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi sanggup dicapai dengan penggunaan energi secara efisien dimana manfaat yang sama diperoleh dengan memakai energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan acara yang memakai energi. Penghematan energi sanggup mengakibatkan berkurangnya biaya, serta meningkatnya nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, serta kenyamanan.

Bacalah secara saksama teks tersebut kemudian tafsirkan iklan menurut struktur teks iklan, aspek kebahasaan yang sering digunakan pada teks tersebut, serta warta apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah teks iklan.
 Salah satu fungsi sosial teks iklan ialah membantu menggerakkan sikap khalayak untuk  Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Iklan
Iklan 1
Pada iklan pertama pengiklan ingin memberikan wacana perlunya hemat listrik, Perilaku hemat listrik sanggup dilakukan dengan cara mematikan lampu, alat elektronik, AC, dan Lemari es.

Tulisan LISTRIK, LAMPU, ALAT ELEKTRONIK, SUHU IDEAL AC, dan LEMARI ES tercetak tebal berwarna hitam membuktikan bahwa sekarang sudah saatnya menghemat energi listrik, yakni dengan cara mematikan lampu, dan alat elektronik, mengatur suhu ideal ac, dan lemari es. Warna kuning berarti pelanggan diperlukan bersiap untuk beralih pada kebiasaan menghemat energi listrik.

Warna background biru renta melambangkan perasaan yang mendalam yang sifatnya kooperatif. Melalui iklan tersebut pengiklan menginginkan konsumen kooperaatif untuk membiasakan budaya hemat listrik.

Iklan 2
Pada iklan kedua hanya menampilkan badan iklan dengan kalimat HEMAT LISTRIK SELAMATKAN BUMI, artinya pengiklan menginginkan perubahan sikap untuk menghemat energi.

Gambar lampu dengan warna kuning cerah berarti masyarakat harus bersiap menlakukan gerakan hemat listrik biar kehidupan menjadi cerah.

Warna dasar yang digunakan ialah warna merah yang melambangkan bahwa masyarakat harus berani melaksanakan perubahan sikap dari kurang peduli terhadap ketersediaan tenaga listrik menjadi peduli.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam penulisan iklan ialah pemilihan kata. Pemilihan kata perlu diperhatikan dalam mempengaruhi masyarakat untuk memberikan pesan. Biasanya kata-kata sering digunakan dalam iklan memakai ungkapan yang menciptakan orang penasaran. Kata-kata yang dipilih gampang dipahami dan tidak mengakibatkan keraguan. Pemakaian kata dalam naskah iklan harus benar-benar meyakinkan masyarakat, sehingga tidak merasa ragu dengan pesan iklan yang disampaikan. Pesan-pesan iklan akan gampang dipahami, dimengerti dan disampaikan bila kata-katanya singkat, kalimatnya pendek, dan tidak terlalu panjang. Daya ingat insan untuk mengingat suatu iklan hanya bisa ditangkap dalam waktu yang singkat, sehingga iklan harus mempunyai kata kunci untuk sanggup mengikat arti pesan yang disampaikan.

Struktur Teks
Teks iklan mempunyai struktur yang jelas, yakni orientasi^tubuh iklan^justifikasi. Struktur tersebut membangun keseluruhan iklan dengan baik. Namun dalam banyak hal, struktur teks iklan tidak sanggup diurai dengan terperinci alasannya ialah bentuknya yang sangat sederhana atau bahkan sangat kompleks.

  1. Orientasi terletak di serpihan paling atas, namun tidak semua iklan meletakan orientasi tersebut.
  2. Tubuh iklan serpihan ini berisi warta produk yang ditawarkan.
  3. Justifikasi berisi klarifikasi produk menyerupai spesifikasi, cara mendapatkan, alamat dan nomor yang sanggup dihubungi.

Kedua iklan pada pola di atas mempunyai struktur sebagai berikut.
Iklan 1
Struktur TeksTeks
OrientasiHemat LISTRIK
Tubuh iklanMatikan LAMPU dan ALAT ELEKTRONIK,  atur SUHU IDEAL AC dan LEMARI ES
Justifikasi-
Iklan 2
Struktur TeksTeks
Orientasi-
Tubuh iklanHEMAT LISTRIK SELAMATKAN BUMI
Justifikasi-

Kaidah Teks Iklan
Teks iklan yang baik tentunya memilki bebrapa kaidah kebahasaan menyerupai berikut ini.

  1. Menggunakan slogan yang berisi opini yang bisa menarik pelanggan untuk memakai barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
  2. Kalimat persuasif, kalimat permintaan yang sanggup mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.
  3. Menggunakan kata ganti subyek orang pertama menyerupai kami, saya, saya dan kita. 

Iklan yang baik dan menarik tentunya mendapat respon yang baik dari masyarakat, beberapa ciri iklan yang baik diantaranya ialah mempunyai target yang jelas, mempunyai fokus atas hal yang ingin di komunikasikan, empunyai daya tarik tertentu, dan sajikan iklan dengan menarik alasannya ialah suatu iklan dengan isi pesan manis bila tidak di sajikan manis tak akan menarik.

No comments:

Post a Comment