Sunday, July 19, 2020

Faktor Yang Menghipnotis Dinamika Peduduk

Dinamika penduduk yakni perubahan jumlah penduduk dari waktu ke waktu. Manusia sebagai penduduk di bumi, pertumbuhannya sanggup menghipnotis lingkungan. Manusia sebagai makhluk yang dikarunia nalar dan pikiran oleh  Tuhan, hendaknya senantiasa mensyukuri segala nikmat yang telah dianugerahkan oleh Tuhan dengan cara selalu menjaga lingkungan. Apabila lingkungan sekitar terjaga maka kebutuhan insan dan makhluk hidup lainnya sanggup terpenuhi. Seperti diketahui bahwa pada ketika ini jumlah penduduk dunia termasuk Indonesia mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

Setiap 10 tahun sekali pemerintah menyelenggarakan cacah jiwa atau sensus penduduk. Cacah jiwa atau sensus penduduk merupakan cara pengumpulan data melalui pencatatan penduduk. Program ini dilaksanakan untuk mengetahui jumlah penduduk Indonesia dari waktu ke waktu. Sensus penduduk yang dilakukan di Indonesia terakhir kali yakni pada tahun 2010. Ternyata jumlah penduduk Indonesia mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Dinamika penduduk dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu kelahiran (natalitas), ajal (mortalitas), dan perpindahan penduduk (migrasi).

1. Kelahiran (Natalitas)
Angka kelahiran atau sering disebut dengan Natalitas diartikan sebagai jumlah kelahiran hidup untuk setiap 1000 penduduk dalam waktu 1 tahun, juga disebut angka kelahiran garang (Crude Birth Rate atau CBR) Agar sanggup mengetahui jumlah kelahiran bayi hidup setiap 1.000 penduduk di suatu wilayah dalam kurun waktu satu tahun maka perlu dilakukan penghitungan angka kelahiran. Angka kelahiran sanggup dihitung dengan memakai rumus berikut ini.
Angka kelahiran  =Jumlah bayi lahir dalam 1 tahunx 1.000
Jumlah Penduduk

Misalnya berdasarakan sensus 2010 di Jabar terdapat jumlah penduduk 25 juta jiwa dan banyaknya bayi yang lahir hidup dalam setahun yakni 500.000 jiwa. Maka angka kelahiran di Jawa Barat sanggup dihitung dengan cara sebagai berikut.
Angka kelahiran  =Jumlah bayi lahir dalam 1 tahunx 1.000
Jumlah Penduduk
Angka kelahiran  =500.000 x 1.000 = 20 (sedang)
25.000.000
Setelah melaksanakan penghitungan angka kelahiran, selanjutnya alhasil dicocokkan dengan pola penggolongan angka kelahiran berikut ini.
  • Apabila angka kelahiran menawarkan angka kurang dari 20 (<20), maka angka kelahiran di wilayah tersebut tergolong rendah.
  • Apabila angka kelahiran menawarkan angka antara 20–30, maka angka kelahiran di wilayah tersebut tergolong sedang.
  • Apabila angka kelahiran menawarkan angka lebih dari 30 (>30), maka angka kelahiran di wilayah tersebut tergolong tinggi.
 Dinamika penduduk yakni perubahan jumlah penduduk dari waktu ke waktu Faktor yang Mempengaruhi Dinamika Peduduk
2. Kematian (Mortalitas)
Kematian yakni salah satu faktor yang sanggup mengakibatkan penurunan jumlah penduduk. Angka ajal k asar (Crude Death Rate atau CDR) yakni angka yang menawarkan jumlah ajal per 1000 penduduk setiap tahun. Angka ajal sanggup dihitung dengan memakai rumus berikut ini.
Angka kelahiran  =Jumlah penduduk meninggal dalam 1 tahunx 1.000
Jumlah Penduduk

Misalnya berdasarakan sensus 2010 Jumlah penduduk Jawa Tengah 39 juta jiwa dan banyaknya ajal dalam setahun yakni 130.000 jiwa. Maka angka ajal garang di Jawa Tengah selama satu tahun sanggup dihitung dengan cara sebagai berikut.
Angka kematian  =Jumlah ajal dalam 1 tahunx 1.000
Jumlah Penduduk
Angka kematian  =130.000 x 1.000 = 0,33 (rendah)
39.000.000
Setelah melaksanakan penghitungan angka kematian, cocokkan alhasil dengan pola penggolongan angka ajal sebagai berikut.
  • Apabila angka ajal menawarkan angka kurang dari 14 (<14), maka angka ajal di wilayah tersebut tergolong rendah.
  • Apabila angka ajal menawarkan angka antara 14 – 18, maka angka ajal di wilayah tersebut tergolong sedang.
  • Apabila angka ajal menawarkan angka lebih dari 18 (>18), maka angka ajal di wilayah tersebut tergolong tinggi.

Contoh Soal :
Pada tahun 2010 jumlah penduduk Kota Malang yakni 820.243 jiwa. Jumlah bayi yang lahir di Kota Malang yakni 1.271 jiwa dan jumlah penduduk yang meninggal yakni 1.020 jiwa. Tergolong apakah tingkat kelahiran dan ajal penduduk di Kota Malang?
Angka kelahiran  =1.271 x 1.000 = 1,55 (rendah)
820.243
Angka kematian  =1.020 x 1.000 = 1,24 (rendah)
820.243

Perpindahan Penduduk (Migrasi)
Proses perpindahan penduduk akan mengakibatkan jumlah penduduk di suatu wilayah bertambah dan berkurang. Berdasarkan ruang gerak atau jangkauannya, migrasi sanggup dibagi atas dua jenis, yaitu sebagai berikut.

Migrasi internasional 
Migrasi internasional yaitu perpindahan penduduk antara satu negara dan negara lainnya. Migrasi internasional sanggup dibedakan atas tiga macam yaitu sebagai berikut.
  • Imigrasi yaitu masuknya penduduk dari negara lain ke dalam suatu negara. Contohnya, orang-orang Thailand, Hong Kong, Bangladesh, dan Malaysia yang tiba ke Indonesia untuk bekerja.
  • Emigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari dalam satu negara ke negara lain. Contohnya, penduduk Indonesia yang pergi ke Timur Tengah dan Malaysia untuk bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI).
  • Remigrasi atau repatriasi yaitu perpindahan penduduk dari suatu negara kembali ke negaranya sendiri. Contohnya, penduduk Indonesia yang bekerja di Timur Tengah, Hongkong, Taiwan, ataupun mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikan di Mesir kembali ke tanah air.

Migrasi Nasional
Migrasi nasional yaitu perpindahan penduduk di dalam satu negara. Migrasi nasional terdiri atas beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.
  • Urbanisasi yakni perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan menetap.
  • Transmigrasi yakni perpidahan penduduk dari salah satu pulau untuk menetap di pulau lain dalam wilayah negara.
  • Ruralisasi yakni perpindahan penduduk dari kota ke desa dengan tujuan menetap. Ruralisasi merupakan kebalikan dari urbanisasi. 
  • Migrasi musiman yakni perpindahan penduduk yang terjadi pada musim-musim tertentu. Contohnya, pada demam isu panen di suatu daerah, banyak penduduk kawasan lain yang tiba untuk membantu dalam proses panen tersebut.
  • Migrasi sirkuler yakni perpindahan penduduk sementara sebab mendekati tempat pekerjaan. Contohnya, seorang penduduk Kota Bogor yang bekerja di Jakarta dan tinggal sementara di Jakarta. Akan tetapi, pada waktu-waktu tertentu secara teratur pulang ke tempat tinggalnya di Bogor sebab semua keluarganya tinggal di Bogor.
No.PenjelasanJenis Migrasi
1.Pada Tahun 2005 Beni dan keluarganya tinggal di Kota Bandung. Kemudian, pada tahun 2010 ia dan keluarganya pindah ke Kota Makassar sebab ayahnya dipindahtugaskan ke kota tersebut.
  1. Bagi Kota Bandung, jenis migrasi apa yang dilakukan oleh Beni dan keluarganya?
  2. Bagi Kota Makassar, jenis migrasi apa yang dilakukan oleh Beni dan keluarganya?
  1. Urbanisasi
  2. Transmigrasi
2.Pada awalnya Siti dan keluarganya tinggal di Desa Sukamaju. Kemudian ia dan keluarganya pindah dari de sa tersebut dan tinggal di Jakarta. Migrasi apa yang dilakukan Siti dan keluarganya?Urbanisasi

No comments:

Post a Comment