Friday, July 31, 2020

Memproduksi Teks Iklan

Untuk sanggup memproduksi teks iklan dibutuhkan perancangan terlebih dahulu. Perancangan iklan yang dimaksud di sini  adalah iklan layanan masyarakat wacana pentingnya menghemat air bersih. lantaran hingga dikala ini masih ada masyarakat yang berlebihan terhadap penggunaan air bersih. Iklan layanan masyarakat ini nantinya disebarkan ke seluruh warga masyarakat sehingga masyarakat akan terus diingatkan wacana pentingnya menghemat air bersih. Kampanye dengan metode menyerupai ini tentunya tidak akan memakan biaya dan waktu yang banyak kalau dibanding dengan penyuluhan secara langsung. Penyuluhan secara pribadi biasanya terlalu usang dan kurang efektif lantaran target yang dituju kurang maksimal. Dengan cara menyerupai ini diirasa akan lebih efektif lantaran sempurna sasaran.

Iklan mengenai usul berhemat dalam memakai air higienis sanggup dilkampanyekan melalui media cetak menyerupai poster, brosur, leaflet dan selebaran dengan target masyarakat. Agar masyarakat diingatkan secara terus menerus mengenai penggunaan air bersih. Setelah menginterpretasi teks iklan dari sisi struktur teks, isi, dan kebahasaan pada kiprah sebelum ini, kiprah berikutnya yaitu menciptakan teks iklan wacana ekonomis air. Untuk memudahkan penulisan, bisa mencari sumber materi goresan pena di perpustakaan, media massa, internet, observasi di lapangan, dan/atau wawancara dengan narasumber. Catatlah semua data yang diperoleh, baik catatan kepustakaan, catatan lapangan, dan/ atau hasil wawancara, kemudian tulislah menjadi sebuah teks iklan yang utuh secara bersama.

Kebutuhan Air
  1. Kebutuhan air dalam satu keluarga diperkirakan kurang lebih 125 liter sehari.Terkadang dalam satu keluarga mempunyai anggota keluarga lebih dari 7 orang yang menjadikan kebutuhan air higienis bisa lebih dari 125 liter.
  2. Pada dikala mandi anak di bawah usia 12 tahun harus didampingi oleh orang tua. Kebanyakan orang bau tanah merasa kalau anak mereka sudah bisa mandi sendiri dan tidak perlu untuk didampingi
  3. Semakin simpel dijangkau kran air, akan semakin membantu orang untuk melaksanakan sesuatu. Penggunaan slang air juga bisa membantu meminimalisir jumlah kran air
  4. Kebutuhan pokok yang semakin meningkat menciptakan orang tidak jeli memperhatikan kualitas barang yang akan beliau beli. Pemerintah bisa mengeluarkan standar produk barang untuk segala barang kebutuhan.
  5. Penyuluhan bisa menawarkan informasi kepada orang-orang mengenai air bersih.Informasi bisa diperoleh kapan saja pada masa internet (sekarang) 
  6. Penyebab kebutuhan air higienis meningkat, dan kurang dalam pengontrolan.
  7. Karena air merupakan salah satu media bermain yang relatif menyenangkan bagi anak anak.
  8. Kebanyakan orang berfikir banyaknya kran air disetiap sudut rumah akan lebih mempermudah dalam memakai air.
  9. Rata rata orang menentukan menurut harga yang lebih terjangkau.
  10. Kebanyakan orang beranggapan bahwa aktivitas penyuluhan itu membuang buang waktu. konsep perancangan 

Tujuan
Untuk memberikan imbauan kepada masyarakat wacana penggunaan air higienis seperlunya, iklan layanan masyarakat akan memakai “kran air” sebagai media kampanye tersebut. kran air sangat bersahabat hubungannya dengan air higienis lantaran kran air yaitu katub yang mengatur keluarnya air. Kran bisa menjadi simbol yang sangat mengena bagi masyarakat lantaran akan identik. Dengan mengajukan beberapa himbauan kepada masyarakat semoga mau ikut menjaga ketersediaan air bersih.

Penggunaan gambar gambar ilustrasi dalam iklan yang mendeskripsikan alasannya yaitu jawaban penggunaan air yang berlebihan. Penggunaan air higienis seperlunya melalui kran, akan dijadikan modal pokok bahasan yang diangkat dalam Iklan Layanan Masyarakat kali ini. Menyajikan anjuran, ajakan, dan himbauan penggunaan kran sebagaimana mestinya. Dan disajikan dibeberapa media iklan yang sering atau simpel dijumpai masyarakat umum. Dengan impian sanggup memunculkan perilaku saling mengingatkan satu sama lain dalam penggunaa kran seperlunya saja. Dukungan juga dibutuhkan dalam hal kampanye yang akan disajikan nantinya, dimulai dari mengontrol diri sendiri. Perancangan desain iklan layanan masyarakat ini diharapkan bisa memberi perubahan pada masyarakat umum.

Struktur Teks
Untuk memproduksi teks iklan bisa memulainya dengan menciptakan struktur yang sesuai. Struktur tersebut harus berisi orientasi^tubuh iklan^justifikasi. Untuk memudahkan pekerjaan, berikut ini disajikan struktur teks iklan.
Struktur TeksTeks
OrientasiHemat Air
Tubuh iklanJangan Buang Air Sia-sia
JustifikasiSetetes air higienis berarti bagi kehidupan kini dan nanti

Apakah kran bisa menjadi representasi untuk mengajak masyarakat semoga mau menghemat kebutuhan air bersih? Kebutuhan air higienis dan ketersediaan air higienis bisa dikatakan belum seimbang. Hal tersebut terjadi lantaran besarnya biaya pengadaan air bersih, menyerupai menciptakan sumur, sumur bor, atau ledeng. Untuk menciptakan sumur, masyarakat harus merogoh kocek minimal tujuh ratus ribu rupiah. Dengan mengurangi penggunaan yang tidak diperlukan, bisa sangat membantu untuk menjaga ketersediaan air. Himbauan semoga masyarakat mempunyai kesadaran untuk memakai air seperlunya. Karena yang membutuhkan air bukan hanya generasi sekarang, namun anak cucu kita juga mempunyai hak untuk menggunakannya.

Penggunaan air yaitu salah satu dari beberapa kebutuhan pokok dalam hidup tidak memandang tempat, jadi secara geografis tidak ada batasan atas wilayah atau situasi kawasan dimanapun dan kapanpun dalam iklan layanan masyarakat ini. Target ditujukan pada kalangan umum terutama masyarakat yang perekonomiannya menengah ke atas. Baik muda maupun bau tanah semua bertujuan semoga masyarakat tersebut sadar akan kebutuhan air bersih. Ditujukan pada masyarakat umum yang mempunyai minat baik serta berkeinginan untuk menjaga dan menyadarkan akan kebutuhan air higienis di lingkungan mereka, dengan memakai kran seperlunya saja.

Langkah Menyusun Iklan
  1. Menentukan judul (orientasi) contohnya Hemat Air.
  2. Berilah gambar pada teks iklan semoga lebih menarik.
  3. Berilah kalimat slogan yang menarik, contohnya "Jangan Buang Air Sia-sia !"
  4. Berilah informasi mengenai manfaat yang sanggup diperoleh (justifikasi) contohnya "Setetes Air higienis berarti bagi kehidupan kini dan nanti:

Setelah mengisi belahan yang rumpang di atas, selanjutnya bisa memasukkannya ke dalam kerangka teks berikut. Jika perlu tambahkan gambar yang mendukung teks iklan tersebut.
 Untuk sanggup memproduksi teks iklan dibutuhkan perancangan terlebih dahulu Memproduksi Teks Iklan

Bijaklah dalam memakai air semoga anak cucu kita nanti tetap bisa menikmati indahnya hidup didunia ini.

Berikutnya yaitu menciptakan teks iklan wacana ekonomis materi bakar minyak. Sama menyerupai cotoh sebelumnya produksi teks iklan bisa memulainya dengan menciptakan struktur yang sesuai. Struktur tersebut harus berisi orientasi^tubuh iklan^justifikasi. 
Struktur TeksTeks
OrientasiHemat materi bakar minyak
Tubuh iklanSaatnya Makin Berhemat !
JustifikasiGunakan BBM Dengan Bijak

Ada banyak cara menghemat uang untuk membeli materi bakar minyak. Namun, cara paling efektif bekerjsama yaitu mengurangi jumlah materi bakar yang kita pakai.

Setelah mengisi belahan yang rumpang di atas, selanjutnya bisa memasukkannya ke dalam kerangka teks berikut. Jika perlu tambahkan gambar yang mendukung teks iklan tersebut.
 Untuk sanggup memproduksi teks iklan dibutuhkan perancangan terlebih dahulu Memproduksi Teks Iklan
Bijaklah dalam memakai BBM lantaran jumlahnya terbatas, tidak sanggup diperbaharui, untuk mendapatkannya tidak murah, BBM di Indonesia terjangkau lantaran disubsidi pemerintah, kalau kita sanggup menghematkan pemerintah sanggup memakai anggaran ini untuk hal lain yang lebih berguna, dampak penggunaan BBM terhadap lingkungan dan kesehatan kita tidak baik. Pemanasan global, polusi udara, yaitu beberapa imbas diantaranya. 

No comments:

Post a Comment