Tuesday, March 24, 2020

Pencarian Dan Penyelesaian Kesalahan Pada Keyboard

Keyboard yakni alat input yang merupakan salah satu perangkat keras komputer dan mempunyai macam-macam tombol serta mempunyai fungsi yang berbeda-beda tergantung pada penitikberatan tombol yang sanggup menghasilkan proses sesuai dengan impian kita. Keyboard menurut tombol ketiknya sanggup dipakai untuk beberapa kebutuhan menyerupai mengetik atau input data dokumen dan kemudian ditampilkan di Monitor Komputer kita. Tombol ketik yang dimaksud terdiri dari angka dan abjad yang ada di dalam komputer.

Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 jenis, yaitu : Pertama, keyboard serial yang menggunakan DIN 5 male dan biasanya dipakai pada komputer tipe AT. Yang kedua  keyboard PS/2 yang biasanya dipakai pada komputer ATX dan ketika ini yang paling banyak dipergunakan. Yang ketiga yakni keyboard wireless yang tidak  tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang dipakai yakni infra red, wifi atau bluetooth. Keempat yakni Keyboard USB yang banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat

Berdasarkan bentuk dan tombol, keyboard terbagi menjadi Keyboard QWERTY, Keyboard DVORAK, dan Keyboard KLOCKENBERG
  1. Tata letak keyboard QWERTY ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. QWERTY diambil dari 6 abjad berurutan pada baris kedua dari tombol alfanumerik tersebut. Keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin.
  2. Keyboard DVORAK (1932), dimana susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga asisten dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. Selain itu, tata letak Dvorak dirancang biar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga sanggup mengurangi kelelahan lantaran pengetikan (lebih ergonomik). 
  3. Keyboard Lockenberg dibentuk dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua penggalan keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibentuk miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibentuk lebih akrab (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman.
 Keyboard yakni alat input yang merupakan salah satu perangkat keras komputer dan mempuny Pencarian dan Penyelesaian Kesalahan pada Keyboard
Kerusakan Pada Keyboard
Secara umum penyebab kerusakan pada keyboard komputer sebagian besar disebabkan oleh dua hal yaitu abu dan lembab. Laptop yang kebersihannya tidak dijaga sanggup dipastikan akan ditempeli aneka macam macam abu khususnya pada penggalan keyboard, dan tidak jarang abu tersebut masuk pada penggalan dalam keyboard yang menyebabkan kerusakan pada jalur rangkaian keyboard. Berikut ini beberapa kerusakan yang sanggup terjadi pada keyboard.

1. Keyboard Error
Ketika Pertama kali booting. Komputer mengeluarkan pesan "keyboard error checksum cmos failure press F1 to continue and delete to setup". Berikut ini Solusi dan Penyebab pada keyboard yang error :
  1. Penyebab Pertama : Connector keyboard renggang sanggup menyebabkan pesan yang tampil dilayar keyboard error. kalau keyboard/connector digoyang maka keyboard berjalan dengan normal kembali. tetapi ini tidak akan bertahan lama.solusinya ganti konektor keyboard atau pindah ke Port Usb yang lain.
  2. Penyebab Kedua : kemungkinan juga terdapat pada kabel data keyboard tersebut yang putus. biasanya putus pada pangkal connector pangkal jantannya. Solusinya yakni mengukur kabel data keyboard tersebut dengan menggunakan multimeter. kalau ditemukan ada kabel yang putus, maka ganti kabel tersebut dengan yang lain. atau anda sanggup menyambung kembali kabel yang putus tersebut.
  3. IC Controller yang terdapat di keyboard yang befungsi mengconvert bahasa/code digit menjadi ASCI yang di informasikan ke keyboard sesuai dengan tombol yang ditekan. Jika IC ini rusak. maka keyboard tidak merespon sama sekali.solusinya yakni dengan mengganti keyboard yang lain. alasannya yakni komponen IC ini lebih mahal dari harga keyboard itu sendiri. 
  4. Jika keyboard dirasakan normal dari yang disebutkan diatas,dan dicoba di komputer lain ternyata normal,maka kemungkinan yakni putusnya power keyboard 5v dari motherboard untuk masalah ini harus dilakukan pengukuran dan investigasi lebih lanjut pada motherboard.

2. Beberapa Tombol Keyboard Tidak Berfungsi.
Keyboard komputer sanggup saja  tidak berfungsi disebabkan oleh banyak hal. Beberapa penyebab keyboard tidak berfungsi antara lain sebagai berikut.
  1. Kemungkinan kerusakan keyboard tersebut disebabkan oleh abu yang melekat pada jalur penitikberatan karakter. solusinya yakni membuka keyboard tersebut dan membersihkannya dengan tisu yang diberikan alkohol hingga merata pada seluruh permukaan. oh ya didalam keyboard terdapat jalur penitikberatan karakter yang tebuat dari lembaran tipis yang diberi jalur PCB sebagai materi dasar. terdapat tiga buah PCB. PCB atas, PCB bawah, dan yang tengah sebagai isolator
  2. Kemungkinan lain kalau tombol keyboard tidak berfungsi yakni jalur penghubung antara tombol satu ketombol yang lain ada yang terputus atau socketnya ada yang longgar. kalau hal ini terjadi mungkin anda berpikir keyboard sudah tidak sanggup dipergunakan. solusinya yakni dengan mengukur jalur PCB tombol tersebut dengan menggunakan multimeter dan temukan dimana letak putusnya.

3. Respon Keyboard Terlalu Cepat
Saat mengetik keyboard terasa terlalu cepat merespon penitikberatan tombol, sehingga tombol yang ditekan akan menghasilkan cetakan rangkap (berulang). Kejadian menyerupai ini timbul lantaran keyboard sudah lemah atau kotor pada tombol-tombolnya. sehingga ketika menekan tombol tidak pribadi kembali ke semula dan hasilnya penitikberatan tombol ini akan terbaca sebagai penitikberatan berulang. solusinya yakni kalau permasalahannya yakni kotor anda sanggup membersihkan tombol-tombol tersebut.

Jika masalahnya yakni lemahnya tombol-tombol maka anda sanggup menggantinya dengan tombol-tombol yang lain. hal lain yang menyebabkan duduk kasus ini yakni lantaran setup typematic rate pada bios. dengan periode waktu yang semakin pendek pada typematic rate ini akan menyebabkan periode pembacaan respon menjadi lebih sering. untuk mengatasi duduk kasus tersebut yakni dengan mengubah setting pada setup bios dengan typematic rate yang lebih panjang atau set ke default.

Berikut ini beberapa faktor yang sanggup membantu dalam memperpanjang usia keyboard:
  1. Bersihkan keyboard dengan cairan khusus untuk komputer setiap 1 bulan hingga sampai 3 bulan sekali.
  2. Kuas dan bersihkan dari abu yang menebal disela-sela tombol yang nantinya akan menutupi jalur penitikberatan tombol. Bersihkan abu tersebut dengan vacum cleaner dan kuas lembut.
  3. Jangan meletakkan benda cair akrab dengan keyboard anda, kalau terjadi tumpahan akan merusak keyboard anda
  4. Biasakan setelah menggunakan PC tutup kembali cover PC biar sanggup melindungi dari abu yang masuk

No comments:

Post a Comment