Tuesday, March 24, 2020

Pencarian Dan Penyelesaian Kesalahan Pada Mouse

Mouse ialah hardware komputer yang fungsinya sebagai pencetus kursor yang menunjukkan sebuah perintah masukan atau input pada sistem windows. Perangkat ini dinamakan mouse lantaran memang bentuknya ibarat seekor tikus, dan kabel yang terhubung dengan komputer juga ibarat mirip ekor tikus. 

Fungsi utama dari mouse ialah menginput dan memasukan perintah pada komputer, sebagai pencetus pointer atau kursor ke layar komputer. Mouse juga dipakai untuk beberapa acara mirip : double klik, drag, klik, geser, drag drop dan klik kanan, serta dipakai untuk melaksanakan scrolling pada layar dengan memakai roda scroll tengan pada mouse. Mouse juga berfungsi mengaktifkan tombol suatu perintah dan melaksanakan sebuah sanksi pada sebuah aplikasi.

Untuk menjaga keawetan mouse maka diharapkan perawatan mouse yang sanggup dilakukan sendiri tanpa derma orang lain. Beberapa langkah acara perawatan mouse antara lain.
  1. Gunakan Mouse pad. Mouse pad berfungsi untuk mencegah datangnya abu yang ada pada optic.
  2. Menggeser mouse dengan  pelan - pelan lantaran beliau akan tahu kalau digerakkan, beliau akan mengikuti perintah. Makara pada dasarnya jangan bernafsu – kasar.
  3. Bila perlu, sekali - kali bersihkan opticnya dengan cotton bad. dibagian bawahnya, kan ada opticnya yang bercahaya.

Kerusakan Pada Mouse
Penggunaan mouse pada komputer terus menerus sanggup menjadikan kerusakan pada bagian-bagian mose. Beberapa kerusakan pada mouse antara lain sebagai berikut.

1. Pointer Mouse Tidak bergerak
Masalah mouse ini sanggup ditimbulkan oleh penggunaan CPU secara berlebihan atau sanggup juga lantaran ada aplikasi yang mengalami hang/ not responding. Untuk mengatasi dilema ini, tunggu dan biarkan selama beberapa detik dan kemudian lihat apakah pointer mouse sudah sanggup bergerak atau belum. 

Tetapi jikalau ternyata pointer mouse masih tidak sanggup bekerja, cobalah untuk memulih perintah task manager, caranya dari keyboard tekan ctrl + alt + delete bersama-sama, kemudian jikalau sudah muncul jendela task manager, anda sanggup mematikan program-program yang tidak responding. Pada perkara terburuk, jikalau mouse pointer masih tidak bergerak, ialah dengan mematikan komputer secara eksklusif dengan menekan tombol power – off dan merestart komputer anda.

2. Pointer Mouse tidak berjalan normal
Lancarnya kursor mempermudah pekerjaan siapa saja dalam memakai komputer sampaumur ini. Sangat menjengkelkan bila kursor bergerak tidak normal, terlebih-lebih bila bergeraknya macet. Masalah ini sanggup timbul jikalau banyak abu di cuilan bawah mouse anda atau mouse pad yang berdebu khususnya jikalau anda memakai mouse laser atau optical mouse. Bersihkan abu yang ada di cuilan bawah mouse dan juga mouse pad atau mengganti mouse pad dengan yang baru.

Masalah lain yang sering muncul ialah pointer mouse yang meloncat - loncat secara acak sehingga pemakai kesulitan untuk memakai mouse secara sempurna dan presisi. Pada kondisi ini, kemungkinan yang paling besar disebabkan lantaran kotornya komponen bola mouse. Karena komponen bola tersebut banyak bersentuhan dengan mouse pad yang tidak selalu bersih. Langkah untuk mengatasinya adalah:
  1. Buka epilog bola mouse di cuilan bawah dengan memutarnya 90 derajat.
  2. Keluarkan bolanya dan bersihkan dengan air hangat atau alkohol serta sikat dengan kuas,  lalu keringkan.
  3. Di cuilan dalam mouse sanggup diamati adanya tiga buah roda. Dua lebar dan satu yang kecil. Kotoran yang melekat pada komponen tersebut perlu dibersihkan. Demikian juga dengan kotoran yang melekat pada gerigi dan ganjal bola. Lakukan pencucian dengan hati - hati sehingga tidak merusak komponen - komponen di dalamnya.

3. Pointer Mouse terlalu cepat atau terlalu lambat
Anda sanggup mengatur kecepatan pointer mouse sekehendak pemakai. Untuk mengatur kecepatan mouse, pilih Control panel > Hardware and Sound > Device and Printer > Mouse, kemudian setting kecepatan mouse sesuai yang diinginkan
 Mouse ialah hardware komputer yang fungsinya sebagai pencetus kursor yang menunjukkan se Pencarian dan Penyelesaian Kesalahan pada Mouse
4. Mouse Tidak bekerja sama sekali
Koneksi yang terputus atau konektor mouse yang salah terhubung ke PS/2 atau USB ialah penyebab utama dalam dilema ini. Pada perkara tersebut, pertama anda harus mengusut koneksi fisik mouse. Pada perkara yang terburuk, mungkin mouse sudah rusak dan harus menganti dengan yang baru.

5. Masalah Double Click
Anda sanggup mengkonfigurasi kecepatan double click mouse anda sesuai zona kenyamanan Anda. Untuk ini, Anda juga perlu pergi ke : Control Panel> Hardware and sound > Device and Printer > Mouse. Dari sini anda sanggup mengatur kecepatan double click.
 Mouse ialah hardware komputer yang fungsinya sebagai pencetus kursor yang menunjukkan se Pencarian dan Penyelesaian Kesalahan pada Mouse
Untuk yang memakai sistem operasi windows, keberadaan mouse hampir sama pentingnya dengan keyboard. Karena untuk pengoperasian komputer secara efektif, mustahil hanya memakai keyboard. Oleh alasannya ialah itu, jikalau pada ketika menghidupkan komputer ternyata mouse mengalami masalah, tentu cukup membingungkan dan harus ditemukan solusinya.

No comments:

Post a Comment