Tuesday, March 24, 2020

Pencarian Dan Penyelesaian Kesalahan Printer

Printer ialah perangkat output yang dipakai untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Printer dihubungkan dengan komputer melalui USB, selain itu printer juga harus dihubungkan dengan arus listrik. Saat pertama kali disambungkan ke komputer, kita harus menginstall software driver printer semoga printer itu sanggup dikenali oleh komputer. 

Printer mempunyai fungsi sebagai alat untuk menghasilkan/menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa gambar atau goresan pena dari komputer ke kertas atau sejenisnya. Ketajaman hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau dot per inch yaitu banyakknya titik dalam satu inci. Semakin tinggi dpi sebuah printer, maka semakin tajam hasil cetakannya. Printer biasanya ada beberapa cuilan dan juga ada beberapa jenis. Secara garis besarnya jenis-jenis printer sebagai berikut :
  1. Dot Matrik, printer jenis ini memakai tinta jenis pita menyerupai yang terdapat pada mesin tik. Karena memakai pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dengan dot matrix agak berangasan dan kurang bagus. Printer dot matrix sanggup dipakai untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya dipakai untuk menciptakan kwitansi, bon, dan dokumen keuangan lainnya.
  2. Inkjet, printer jenis ini memakai tinta cair atau liquid ink. Inkjet mempunyai kemampuan untuk mencetak hingga ukuran kertas yg sangat besar dan dengan kualitas yang sangat baik. Jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada cuilan luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada cuilan pencetak di mesin printer.
  3. Laser printer, printer jenis memakai tinta serbuk atau powder ink menyerupai bubuk gliter yang ditempatkan dalam toner. Kerja printer laser menyerupai dengan mesin fotocopy, yaitu memakai photographic drum. Kualitas cetakan yang dihasilkan selain cepat juga cukup tajam.

Berikut ini referensi kerusakan yang bisa terjadi pada printer yang paling sering ditemui.
Kemungkinan PenyebabSolusi
Hasil Cetakan Bergaris
Hasil cetakan bergaris atau keluar namun warna pudar. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Ada gelembung udara dalam cartridge (kemungkinan bisa disebabkan ketika penyuntikan/pengisian ulang cartridge)
  2. Print head kemungkinan tersumbat oleh tinta yang kering (bisa disebabkan lantaran jarang dipergunakan)
  3. Print head rusak/tergores/posisi berubah lantaran kerusakan fisik salah dalam pemasangan cartridge
  4. Ada yang kehabisan tinta untuk warna tertentu atau semuanya
  5. Salah setting printer pada komputer
  1. Bersihkan dengan cara melaksanakan head cleaning selama 2-4 kali untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam cartridge.
  2. Pasang kembali yakinkan secara benar catridenya, matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa status cartridge telah berubah.
  3. Ganti cartridge yang lama/rusak
  4. Jaga benar jangan hingga membuka seal film cuilan bawah walau keluaran bergaris atau tak keluar sama sekali
  5. Cek kembali yakinkan ketika anda mencetak tidak dalam settingan kualitas cetakan draft atau super ekonomi
  6. Ganti print head usang atau yang rusak
Hasil Cetakan Tidak Keluar
Hasil cetakan tak keluar sama sekali. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Banyak gelembung udara di dalam cartridge
  2. Printer rusak atau tertutup cuilan print head-nya
  3. Label berwarna (kuning) tak dibuang
  1. Bersihkan dengan cara melaksanakan head cleaning selama 2-4 kali untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam cartridge (baca manual printer sesuai dengan printernya)
  2. Kocok cartridge beberapa kali (3-4) sebelum memasangnya
  3. Buang label pengaman supaya udara bisa mengalir untuk mencetak secara normal
  4. Jaga benar jangan hingga membuka seal film cuilan bawah walau keluaran bergaris atau tak keluar sama sekali
 Printer ialah perangkat output yang dipakai untuk menghasilkan cetakan dari komputer k Pencarian dan Penyelesaian Kesalahan Printer
Kartridge Tidak Dikenali
Printer tak mengenali cartridge yang gres dipasang. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Cartridge tak terpasang dengan benar
  2. Menyentuh chip kecil pada cartridge dengan tangan atau juga chip tersebut kotor/basah (chip ini gampang rusak)
  3. Rusaknya sebagian jalur (rangkaian pada cartridge)
  1. Pasang kembali yakinkan secara benar catridenya, matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah.
  2. Gunakan kain higienis dan kering untuk membersihkan chip bila chipnya memang kotor
  3. Cek jalur rangkaiannnya jikalau ada yang rusak
Katride Tidak Asli
Setelah dipasang cartridge gres ada peringatan bahwa cartridge yang terpasang tidak asli. Kemungkinan penyebabnya:

Hal ini bisa disebabkan lantaran sewaktu kita mengganti cartridge posisi printer dalam keadaan mati, sehingga memory printer masih tetap dalam keadaan sebelumnya “tinta habis
Pesan ini abaikan saja jikalau ada pertanyaan jawab aja “yes” atau lakukan sesuai permintaan, kasus ini tak mempengaruhi kualitas hasil cetakan dengan printer tersebut
Printer tidak sanggup mencetak
Pada ketika proses percetakan akan dilakukan,printer dalam keadaan ON, dan kertas telah terpasng dengan baik tetapi printer tidak mau bergerak dan proses percetakan dinyatakan gagal.
Untuk mengatasinya mekanisme yang dilakukan ialah sebagai berikut.
  1. Pengetesan printer memakai print test page pada driver printer.
  2. Untuk melaksanakan hal tersebut sanggup melalui starts>> setting>> printers. Kemudian klik kanan pada printer yang dipakai kemudian pilih properties, dalam tab general, klik tombol print test page.
  3. Jika sesudah tombol di tekan,printer bisa mencetak berarti tidak ada duduk kasus pada printer.
  4. Jika tidak,berarti ada duduk kasus pada printernya atau pada koneksi port printernya. Cobalah pada komputer lain,jika proses percetakan berhasil dilakukan berarti kerusakan bukan pada printernya tetapi pada port printer tersebut.
  5. Jika proses percetakan gagal berarti ada duduk kasus pada printernya. Untuk mengatasinya coba cek kembali printer mulai dari cartridge hingga koneksi kabel-kabelnya.
Printer gagal menarik kertas
Ketika mencetak memakai printer injek, printer tersebut tiba-tiba mengalami gangguan yaitu tidak bisa menarik kertas sehingga proses percetakan gagal.
Permasalan tersebut sering terjadi pada printer jenis injek. Umumnya dikarenakan roda pencetus yang sudah mulai licin lantaran waktu pemakaian yang sudah cukup lama. Bila demikian halnya,lakukan pengamplasan sendiri dengan hati-hati pada cuilan roda penariknya.

Bersihkan juga roda pencetus dari kotoran yang ada.kemungkinan lain yang bisa terjadi ialah lantaran tinta yang hampir habis. Terkadang bila kawasan tinta sudah kosong,maka printer tidak akan sanggup mencetak dan jikalau di berikan perintah percetakn akan terdengar suara beep yang berulang-ulang
Kertas pada printer macet
Ketika sedang mencetak,kertas tersangkut di dalam printer. Hal itu sering terjadi dan meskipun proses cetak berhasil,tetapi kertas hasil cetakan menjadi kotor.

Kertas macet pada printer yang biasanya disebut dengan paper jam sanggup terjadi lantaran tumpukan kertas yang terlalu tebal pada paper try printer. Atau jenis kertas yang gampang melekat satu dengan lainnya. Dan jugabisa disebabkan lantaran toller pada printer yang sudah aus.
Untuk mencegah terjadinya paper jam,dapat dilakukan dengan menbatasi tebal tumpukan kertas sesuai dengan kapasitas yang didukung oleh printer.Sebelum dipasang pada paper try, ada baiknya kertas dikibas-kibaskan terlebih dahulu semoga kertas tidak saling menempel. Dan hindarkan dari debu dan sering dibersihkan.Jika paper jam sudah terjadi pada printer, maka yang harus di lakukan ialah menekan tuas yang tersedia untuk menetralkan roller yang menjepit kertas,kemudian secara perlahan tarik kertas yang menyangkut pada printer. Selanjutnya, kembalikan tuas tersebut ke posisi semula.Untuk menemukan tuas tesebut lihatlah pada buku manual printer.
Hasil pencetakan tidak bagus.
Masalah lain yang sering muncul ialah hasil pencetakan yang kurang cantik atau terlihat putus-putus.Ini di sebabkan antara lain lantaran memang mungkin tinta sudah habis, ataupun cartridge-nya memang kotor.
Untuk memastikan, lepas cartridge dengan hati-hati untuk mengecek apakah tinta sudah habis atau belum. Setelah itu lakukan pencucian pada mat head-nya dengan memakai cairan pembersih.

Caranya dengan membasahi tisu pembersih dengan cairan pembersih tersebut,dan letakan mat head cartridge pada tisu tersebut. Dalam melaksanakan hal tersebut,dibutuhkan kehati-hatian yang sangat tinggi, lantaran jikalau tidak akan bisa berakibat fatal yaitu rusaknya cartridge.

No comments:

Post a Comment