Thursday, March 26, 2020

Cara Memilih Garis Bujur Dan Garis Lintang

Untuk sanggup memilih letak suatu daerah salah satunya yaitu dengan memakai Google Map yang merupakan layanan pemetaan  yang dikembangkan oleh Google. Melalui Google Map  kita sanggup melihat isu geografis pada hampir semua wilayah di muka bumi. Layanan ini interaktif, alasannya di dalamnya peta sanggup digeser sesuai cita-cita pengguna, mengubah tingkat zoom, serta mengubah tampilan peta. Google maps juga mengatakan peta yang sanggup diseret dan gambar setelit untuk seluruh dunia, serta mengatakan rute perjalanan.

Google Maps dibentuk dengan memakai kombinasi dari gambar peta, database, serta objek-objek interaktif yang dibentuk dengan bahasa pemrograman HTML, Javascript, dan AJAX, serta beberapa bahasa pemrograman lainnya. Gambar-gambar peta yang muncul pada layar merupakan hasil komunikasi dari pengguna dengan database pada web server google untuk menampilkan campuran dari potongan-potongan gambar yang diminta.

Seluruh gambaran yang ada diintegrasikan ke dalam suatu database pada google server, yang nantinya akan dipanggil sesuai kebutuhan permintaan. Bagian-bagian gambar peta yang merupakan campuran dari gambar-gambar yang mewakili gambar tertentu dalam longitude, latitude, dan zoom level tertentu.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya aplikasi ini sanggup digunakan untuk memilih koordinat suatu tempat. Misalnya saja sekolah, kantor, jalan, dan masih banyak yang lainnya. Misalnya jikalau kita ingin melihat koordinat suatu daerah sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Buka browser anda, ibarat Mozilla Firefox, atau google chrome yang ada di computer kalian masing-masing. Pilihlah maps yang tertera pada hidangan google yang sudah di akses.
  2. Ketik nama lokasi atau daerah yang dimaksud pada kolom pencarian yang sudah tersedia. Karena yang saya contohkan yaitu UPK Lumbir, maka masukan UPK Lumbir di kolom pencarian. Jika daerah yang kita cari sudah ada dalam Google Map maka akan eksklusif dibawa menuju ke temapat yang dimaksud (tanda merah).
  3. Untuk menemukan koordinat daerah silahkan klik kanan tanda merah tadi kemudian pilih "Ada apa di sini?'
  4. Setelah itu akan ditunjukan koordinat daerah tersebut. Pada pola koordinat UPK Lumbir yaitu -7.443148 (latitude= garis lintang, 108,957423(longitude = garis bujur). Jika akan memakai garis lintang dan bujur maka UPK Lumbir terletak di 7.443148 LS, dan 108,957423 BT.
Untuk sanggup memilih letak suatu daerah salah satunya yaitu dengan memakai Google M Cara Menentukan Garis Bujur dan Garis Lintang

Perlu pemahaman pada kordinat daerah tersebut yaitu instruksi (-) negatif dan Positif.
  1. Koordinat lokasi bumi dengan GPS mempunyai dua angka mengambarkan garis horisontal dan vertikal. Diawali dengan dua koordinat letak bumi dari angka depan Latitude (ketinggian) dan angka belakang Longitude (panjang)
  2. Latitude = garis lintang mengarah dari khatulistiwa (0) ke kutub selatan, atau khatulistiwa ke kutub utara (sudut 0-90 dan 0 -(-90). Latitude yaitu garis yang horisontal / mendatar. Titik 0 yaitu sudut ekuator, tanda + mengambarkan arah ke atas menuju kutub utara, sedangkan tanda minus di koordinat Latitude menuju ke kutub selatan. Titik yang digunakan dari 0 ke 90 derajat ke arah kutub utara, dan 0 ke -90 derajat ke kutub selatan
  3. Longitude = garis bujur yaitu garis horizontal ibarat dari khatulistiwa. Sudut 0 (Greenwich) ke arah Hawai yaitu 0-180, sedangkan kebalikannya dari 0 ke -180. Longitude yaitu garis lintang . Angka dari sudut lingkaran bumi horisontal. Titik diawali dari 0 ke 180 derajat, dan 0 ke (-180) ke arah sebaliknya. Titik 0 dimulai dari garis negara Inggris. Mengarah ke Indonesia akan menjadi angka positif. Kebalikannya koordinat Longitude minus yaitu arah kebalikan.
Untuk sanggup memilih letak suatu daerah salah satunya yaitu dengan memakai Google M Cara Menentukan Garis Bujur dan Garis Lintang
Dengan mengetahui klarifikasi mengenai kedua tanda tersebut maka kita sanggup memilih kordinat suatu tempat. Hal-hal yang perlu diingat yaitu sebagai berikut.

  1. Negara-negara atau daerah yang berada di Lintang Utara (Inggris = N) bertanda koordinat latitude konkret (tidak ditulis), sedangkan negara atau wilayah yang berada di Lintang Selatan (Inggris = S) mempunyai latitude bertanda negatif (-). Misalnya Kota Canberra Australia mempunyai koordinat (-35.292605, 149.123593) alasannya Canberra terletak di Lintang Selatan dan Bujur Timur. Kota Montevideo di Uruguay mempunyai koordinat (-34.900513, -56.171366) alasannya kota ini terletak di Lintang Selatan dan Bujur Barat.
  2. Negara-negara atau wilayah yang berada di Bujur Timur (Inggris = E) bertanda longitude konkret (tidak ditulis), sedangkan negara-negara atau wilayah yang berada di Bujur Barat (Inggris = W) bertanda longitude negatif (-). Misalnya kota Moscow, Rusia mempunyai koordinat (55.759336, 37.615898) alasannya Moscow berada di Listang Selatan dan Bujur Timur. Kota Guinea Bissau koordinatnya (12.120590, -14.671827) alasannya kota ini terletak di Lintang Selatan dan Bujur Barat.

No comments:

Post a Comment