Tari Rantaya putri ialah tarian dasar untuk mereka yang gres berguru tari Jawa gaya Surakarta. Rantaya hanya merupakan gerak dasar saja. Misalnya gerak kaki, tangan, jari, leher atau kepala, badan, dan arah pandangan atau polatan (ekspresi wajah). terbiasa dengan gerak-gerak tari yang baku dan tepat. Rantaya dimaksudkan untuk meluweskan gerak tari. Tari Rantaya disamping untuk berguru gerak tari juga melatih penari menyesuaikan gerak dengan iringannya, yakni gendhing Jawa.
Dalam rantaya putri terdapat gerakan penghubung. Fungsi gerak penghubung ialah gerak yang menghubungkan antara motif gerak yang satu ke gerak berikutnya. Gerakan yang termasuk gerak penghubung seperti: sabetan, besut, ngigel, ombak banyu, dan srisig. Sabetan dilakukan dengan dua belas hitungan dan dimulai dari irama kempul kosong, besut dilakukan dengan empat hitungan dimulai dari kempul isi, ngigel dilakukan dengan delapan hitungan dimulai irama kenong, srisig dilakukan delapan hitung diakhiri dengan besut, maka gerak ini dimulai dari kenong dan ombak banyu dilakukan dengan dua belas hitungan dan dimulai dari kempul kosong.
Dalam tari rantaya putri terdapat gerakan Sembahan Sila, Lumaksana Lembehan Kanan, Lumaksana
Lembehan Kiri, Lumaksana Nayung, Lumaksana Ridhong Sampur, Lumaksana Keputren, Lumaksana Sindhet Ukel Karna, Gerak Penghubung, dan Kipat Srisig. Berikut ini urutan gerakan tari Rantaya Putri.
Dalam rantaya putri terdapat gerakan penghubung. Fungsi gerak penghubung ialah gerak yang menghubungkan antara motif gerak yang satu ke gerak berikutnya. Gerakan yang termasuk gerak penghubung seperti: sabetan, besut, ngigel, ombak banyu, dan srisig. Sabetan dilakukan dengan dua belas hitungan dan dimulai dari irama kempul kosong, besut dilakukan dengan empat hitungan dimulai dari kempul isi, ngigel dilakukan dengan delapan hitungan dimulai irama kenong, srisig dilakukan delapan hitung diakhiri dengan besut, maka gerak ini dimulai dari kenong dan ombak banyu dilakukan dengan dua belas hitungan dan dimulai dari kempul kosong.
Dalam tari rantaya putri terdapat gerakan Sembahan Sila, Lumaksana Lembehan Kanan, Lumaksana
Lembehan Kiri, Lumaksana Nayung, Lumaksana Ridhong Sampur, Lumaksana Keputren, Lumaksana Sindhet Ukel Karna, Gerak Penghubung, dan Kipat Srisig. Berikut ini urutan gerakan tari Rantaya Putri.
No. | Ragam Gerak | Hitungan | Uraian Gerak |
---|---|---|---|
1. | Sembahan Sila | Diawali dari perilaku trapsila, tangan kiri di atas lutut kiri ngithing, mlumah agak miring ajun di atas paha kaki kanan ngithing. mengkurep. | |
1 – 8 | Kosong (diam) | ||
1 – 8 | Kedua tangan menangkup trap hidung(nyembah). | ||
1 - 4 | Seleh asta tangan kiri kembali ke lutut kiri tangan kanan, kembali ke paha kanan. | ||
5 - 8 | Diam. | ||
1 - 4 | Pacak gulu Diam. | ||
5 – 8 | Nikelwarti (jengkeng) telapak kaki kanan menyangga pantat kaki kiri napak. perilaku tangan menyerupai trap sila. | ||
1 - 4 | Diam | ||
5 – 8 | Nyembah (sembahan .jengkeng). | ||
1 – 8 | Kedua tangan turun, tangan kiri ke lutut kiri ajun di atas paha kanan.. | ||
1 – 4 | Diam | ||
5 – 8 | Pacak gulu. | ||
1 – 4 | Berdiri gerak penghubung | ||
2. | Lumaksana Lembehan Kanan | 1 - 2 | Seblak sampur kanan |
3 – 4 | Maju kaki kanan, ajun menthang jari ngrayung. tangan kiri trap cethik ngregem sampur, tolehan ke kanan | ||
5 - 6 | Seblak pada kiri | ||
7 - 8 | Maju kaki kiri, tangan kiri tetap tangan kanan ditarik di depan puser jari ngithing tolehan ke kiri. | ||
1 – 4 | Debeg gejug maju kaki kanan, tangan kiri tetap trap cethik ajun menthang ngrayung. | ||
5 – 8 | Kaki kiri debeg gejug maju kaki kiri, ajun nekuk trap puser tangan kiri tetap, tolehan ke kiri. | ||
3. | Lumaksana Lembehan Kiri | 1 - 2 | Debeg gejug kaki kanan |
3 – 4 | Maju kaki kanan, ajun trap cethik ngregem sampur, tangan kiri nekuk trap puser jari ngithing, tolehan ke kanan. | ||
5 - 6 | Debeg gejug kaki kiri | ||
7 - 8 | Maju kaki kiri, tangan, kanan tetap tangan kiri menthang jari ngrayung, tolehan ke kiri. Gerak ini sanggup diulangulang berdasarkan kebutuhan. | ||
4. | Lumaksana Nayung | 1 – 4 | Kaki kanan debeg gejug maju kaki kanan, tangan endraya tangan kiri di bawah ajun di atas tegak jari ngithing, tolehan pajeg. |
5 – 8 | Kaki kiri debeg gejug, maju kaki kiri kedua tangan menthang ngrayung, tolehan ke kiri, dan seterusnya. | ||
5. | Lumaksana Ridhong Sampur | 1 - 2 | Debeg gejug kaki kanan, kedua tangan jimpit sampur. |
3 – 4 | Maju kaki kanan, ajun seblak sampur tidak dilepas tangan kiri ridhong sampur, tolehan ke kanan. | ||
5 - 6 | Debeg gejug kaki kiri, perilaku tangan tetap. | ||
7 - 8 | Maju kaki kiri, ajun ditarik di atas ugel-ugel kiri, tolehan ke kiri, gerak ini sanggup diulang-ulang. | ||
6. | Lumaksana Keputren | 1 - 2 | Debeg gejug kaki kanan, tangan kiri trap cethik nggegem sampur, ajun menthang jari ngrayung |
3 – 4 | Maju kaki kanan ukel tanggung tangan kiri, tolehan 2 ke kanan, ajun tetap. | ||
5 - 6 | Debeg gejug kaki kiri seblak asta kanan tolehan | ||
7 - 8 | Maju kaki kiri, menthang tangan kiri jari ngrayung ajun trap cethik tolehan 2 ke kiri dan seterusnya | ||
7. | Lumaksana Sindhet Ukel Karna. | 1 - 2 | Tangan panggel di depan puser, jari ngrayung tangan kiri di bawah. |
3 – 4 | Ngunus tangan kiri/ditarik ke atas ajun jadi mlumah. | ||
5 - 6 | Debeg gejug kaki kanan | ||
7 - 8 | Maju kaki kanan, ukel tangan kiri di samping indera pendengaran kiri (ukel karna), ajun seblak sampur, tolehan ke kanan. Hitungan dan gerak selanjutnya sama dengan di atas, tetapi yang debeg gejug kaki kiri (kebalikannya). | ||
8. | Gerak Penghubung | 1 - 4 | Sindhet kiri dilakukan dengan empat hitungan, kalau gendhing ketawang dimulai sehabis kempul isi. |
5 – 6 | Tanjak kiri panggel tangan kiri di bawah kanan di atas jari ngrayung, ukel mlumah tangan kiri. | ||
7 - 8 | Debeg gejug kaki kiri, ukel tanggung tangan kiri trap cethik seblak sampur tangan kanan. | ||
1 - 4 | Sindhet kanan, juga dilakukan dengan empat hitungan dan dimulai setelah kempul isi. | ||
5 – 6 | Tanjak kanan panggel ajun di bawah kiri di atas, ukel mlumah tangan kanan. | ||
7 - 8 | Debeg gejug kaki kanan, ukel tanggung ajun trap cethik kanan, tangan kiri seblak sampur. | ||
1 - 4 | Sabetan dilakukan dengan dua belas hitungan, kalau iringan bentuk ketawang dimulai dari kempul kosong. | ||
5 – 6 | Tanjak nggrodha kedua tangan jimpit sampur. | ||
7 - 8 | Seblak ajun kebyok sampur kanan. | ||
1 - 2 | Kaki kanan kembali tanjak, tangan kiri ditarik trap cethik kiri ukel mlumlah. | ||
3 - 4 | Seblak tangan kiri, kebyok sampur kiri. | ||
5 - 6 | Kaki kiri kembali tanjak, kebyak sampur kanan - kiri. | ||
7 - 8 | Ukel tanggung kedua tangan- cul sampur, debeg gejug kaki kanan, seblak sampur kedua tangan | ||
9. | Kipat Srisig | 1 - 4 | Kipat srisig dilakukan dengan dua belas hitungan dan dimulai setelah kempul kosong. |
5 – 6 | Kedua tangan jimpit sampur, tangan kiri menthang- kanan kipat, kaki tanjak kanan. | ||
7 - 8 | Seblak tangan kanan, lalu dibawa ke samping indera pendengaran kiri, tangan-kiri tetap penthang (tanjak srisig). | ||
1 - 2 | Mancat madal, seredan jempol kaki kanan, mendhak, jinjit. | ||
3 – 4 | Srisig | ||
5 - 6 | Lepas kedua sampur (berhenti kaki jinjit). | ||
7 - 8 | Seblak tangan kanan, seblak kedua sampur |
No comments:
Post a Comment