Monday, September 30, 2019

Pintar Pelajaran Menara Eiffel

Perpustakaan Cyber (10/4/2015) - Bagi orang yang sudah pernah berkunjung ke Paris atau hanyalah bermimpi untuk mengunjunginya pastilah tahu mengenai landmark dari kota ini yang berupa kisi-kisi besi yang menjulang, Menara Eiffel. Menara Eiffel atau dalam bahasa aslinya La Tour Eiffel ialah pertunjukan utama dari Paris Exposition, semacam festival dunia pada 1889. Menara Eiffel dibangun untuk mengenang seratus tahun revolusi Perancis dan untuk memamerkan kemajuan industri Perancis kepada dunia.

Gustave Eiffel, yang juga menciptakan frame bab dalam Patung Liberty, berusaha mengatakan bahwa besi tempa sanggup jadi sekeras kerikil dan seringan lempengan logam.


World’s Fair

Gustave Eiffel, seorang insinyur teknik sipil, mendapat kehormatan untuk pembangunan karya yang luar biasa ini. Meski begitu, bergotong-royong desain bangunan orisinil dari Eiffel Tower dibuat oleh dua orang yang agak kurang dikenal sejarah, Maurice Koechlin dan Emile Nouguier. Koechlin dan Nouguier ialah pemimpin dari tim insinyur pada Compagnie des Etablissements Eiffel, perusahaan engineering milik Gustave Eiffel. Mereka bertiga ditambah seorang arsitek Stephen Sauvestre mengirim rencana bangunan yang akna menjadi titik sentra World’s Fair di Paris pada 1889. Desain Eiffel yang menang. Konstruksi dari besi daerah dimulai pada Juli 1887, dan kecaman banyak muncul dari warga yang kurang suka bangunan raksasa berdiri di tengah kota. Protes dari banyak kalangan merebak, tetapi konstruksi tetap berjalan dan akibat dalam waktu dua tahun pada 31 Maret 1889.

Pembangunan Menara

Masing-masing dari 18.000 bab yang dipakai untuk membangun menara ini dibuat secara khusus untuk proyek ini. Proses tersebut diselesaikan di Pabrik Eiffel di pinggiran Paris. Konstruksi dimulai dari membangun empat kaki yang melengkung dan sehabis itu menghubungkannya dengan kurva metalik raksasa sehingga membentuk sebuah menara yang sempurna.

Pembangunannya menghabiskan 2.5 juta paku yang dibuat dengan dipanaskan dan 7.300 ton besi. Untuk menghindari pengaratan, pekerja mengecat setiap sentimeter dari menara dengan 60 ton cat. Menara ini telah dicat ulang sebanyak 18 kali semenjak itu.

Guna Menara

Ketika awal dibuat, La Dame de Fer (nama lain menara ini) dibangun di Champs de Mars untuk nantinya dirobohkan sehabis 20 tahun. Eiffel berusaha menghentikan rencana tersebut dengan mendirikan sentra sains di lantai tiga dan mengundang seluruh ilmuwan untuk menciptakan penelitian di sana. Bagaimanapun bertahannya menara ini hingga kini ialah alasannya tinggi dan beratnya yang 10.000 ton.

Pada 1910, Paris memakai Eiffel yang sangat tinggi untuk sebagai menara telegraf sebagai keperluan militer. Eiffel dipakai untuk berkomunikasi dengan kapal di Atlantik dan mencuri gosip dari musuh pada Perang Dunia 1

Menara ini masih mempunyai 120 antena, yang memancarkan siaran radio dan televisi ke seluruh kota dan bahkan lebih.

Masa Kini

Menara Eiffel telah menjadi sentra kecantikan Paris. Lebih dari 7 juta orang mengunjungi ikon kemegahan masa kemudian Perancis setiap tahunnya. Sejak dibuka pada 1889 telah ada lebih dari 250 juta orang yang mengunjunginya.

Sekarang, sanggup ditemukan dua restoran, beberapa buffet, dan banquet hall. Bar sampanye dan toko suvenir juga sanggup ditemukan dimana-mana. Untuk turis, terdapat jasa tour guide yang sangat menyenangkan mengelilingi menara.

Menara ini dibuka setiap hari selama setahun dengan waktu berkunjung yang beragam. Pada Juni hingga September, menara tetap dibuka hingga sehabis tengah malam. Untuk masuk ke menara dan mengakses tiga lift umum dan 704 tangga, pengunjung harus membayar uang masuk sebanyak 10 hingga 15 euro per orangnya.

No comments:

Post a Comment