Monday, September 30, 2019

Pintar Pelajaran Harimau Sumatra ( Panthera Tigris Sumatrae), Binatang Loreng Khas Sumatra

Perpustakaan Cyber (1/5/2015) - Harimau merupakan salah satu binatang buas dan liar. Dari segi fisik terlihat bahwa harimau sejenis kucing dengan badan yang berkali-kali lipat dari kucing. Hewan satu ini dikala ini semakin sedikit alasannya semenjak dahulu aneka macam pemburu yang memanfaatkan kulit loreng harimau. Hal ini cukup memprihatinkan. Habitat harimau pun sekarang semakin menipis alasannya banyak hutan yang telah bermetamorfosis bangunan beton. Harimau sanggup Anda jumpai di beberapa negara termasuk di Indonesia. Bahkan untuk di Indonesia sendiri pulau Sumatra menjadi wilayah khusus terdapat binatang harimau sehingga harimau di sana populer dengan sebutan harimau sumatra. Lalu apa yang identik dari seekor harimau sumatera sehingga begitu terkenal. Berikut ulasan mengenai fakta-fakta yang terdapat dari harimau sumatra:


1. Kemampuan Harimau Sumatra

Hewan yang mempunyai nama latin Panthera tigris sumatrae ini bisa menggerakkan keempat kakinya untuk lari dengan kecepatan yang cepat yaitu, 60 kilometer per jam. Sehingga tidak heran ketika Anda menyaksikan binatang loreng ini hendak menangkap mangsa maka kecepatan larinya akan terlihat.selain itu, harimau sumatra juga bisa melompat dengan ketinggian mencapai lima meter. Fakta yang menarik lagi ialah untuk harimau sumatera usia muda mempunyai kemampuan untuk berenang. Berbeda dengan kucing yang takut dengan air, harimau sumatra muda sangat bahagia bermain di air.

2. Penglihatan Harimau Sumatra

Berbicara mengenai penglihatan maka akan tertuju pada mata. Mata harimau tidak kalah dengan mata kucing. Namun memang sedikit lebih tajam kucing. Walaupun begitu, mata harimau yang mempunyai pupil berbentuk bundar dan mata berwarna kuning bisa melihat keadaan sekitar dengan tajam. Tidak heran kalau harimau sumatra selalu awas ketika merasa habitatnya terancam atau sedang lapar. Tidak butuh waktu usang harimau sumatra membidik buruan.

3. Perburuan Harimau Sumatra

Tidak sedikit binatang yang lebih lemah dari harimau sumatra merasa ketakutan ketika di sekitar habitatnya ada habitat binatang loreng satu ini. Kebiasaan harimau sumatra untuk memburu mangsa ialah dengan pelan-pelan. Hewan ini akan melihat di mana mangsanya berada. Ketika dalam situasi yang memungkinkan maka binatang loreng ini akan pribadi berlari untuk menangkap buruannya. Cengkraman binatang ini sangatlah besar lengan berkuasa apalagi terdapat cakar-cakar yang tajam untuk mematikan mangsa. Namun harimau sumatra cenderung mematikan mangsanya dengan cekikan sempurna di leher mangsa. Melihat di tahun-tahun ini banyak hutan yang hilang menciptakan habitat harimau terancam. Kondisi ini kalau dipahami oleh mereka yang telah mengubah hutan menjadi bangunan tentu akan membatalkan niatnya untuk menghilangkan habitat dari harimau sumatra ini. Akibat habitat yang sudah semakin tidak aman, maka tidak heran pernah terdapat pemberitaan mengenai harimau sumatra masuk ke tempat rumah-rumah warga. Hewan ini lebih cenderung akan memangsa insan ketika insan dalam keadaan yang sudah lengah yaitu, malam hari. Dengan catatan sulit memperoleh mangsa hewan. Padahal secara umum, binatang ini terbiasa memburu mangsa di waktu pagi dan juga siang hari. Namun jawaban ulah insan maka mau tidak mau binatang  ini mengubah alur perburuannya.

4. Kawanan Harimau Sumatra

Untuk wilayah habitat sendiri antar harimau sumatra satu dengan yang lain akan mempunyai wilayah habitat yang berbeda. Terutama untuk harimau sumatra jantan. Tidak ada perebutan wilayah yang biasa terjadi oleh binatang lain. Kemudian dalam hal mangsa, harimau sumatra termasuk binatang yang bisa bekerja sendiri. Dapat mencari mangsa sendiri dan jarang membutuhkan sumbangan sesamanya. Bantuan gres diharapkan ketika mangsa yang diburu terlihat susah untuk dilawan.

No comments:

Post a Comment