Monday, September 30, 2019

Pintar Pelajaran Di Balik Kemegahan Candi Prambanan

Perpustakaan Cyber (8/5/2015) - Indonesia dikenal sebagai satu negara yang mempunyai berjuta kekayaan budaya di setiap daerahnya. Salah satu kekayaan budaya yang tersebar merata di Indonesia yakni situs peninggalan sejarah yang berupa candi. Lebih dari ratusan candi terdapat di Indonesia. Candi merupakan peninggalan dari kerajaan yang dulu pernah berjaya di Indonesia pada masanya. Ada juga candi yang sengaja dibangun sebagai tempat ziarah atau berdoa. Dengan memanfaatkan kehebatan dongeng yang dimiliki candi tersebut, beberapa kawasan berhasil menciptakan area di sekitar candi menjadi sebuah objek tujuan wisata. Tentunya hal ini sangat menunjang perekonomian rakyat yang berada di area sekitar candi. Hal yang sangat disayangkan yakni masih sedikitnya kesadaran warga sekitar untuk menjaga keutuhan candi, sehingga tidak jarang kita mendengar kasus hilangnya beberapa arca yang terdapat pada candi.

Salah satu candi yang paling dikenal banyak orang, dan gaung mengenai keindahannya terdengar hingga ke belahan dunia lain yakni Candi Prambanan. Candi yang satu ini terletak di sebelah timur luar batas kota Yogyakarta. Akses menuju ke candi ini sangat mudah, lantaran Candi Prambanan sudah nampak dari ketika menyusuri jalan utama. Candi Prambanan menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib untuk didatangi jikalau sedang berkunjung ke kota Yogyakarta. Baik turis domestik maupun turis mancanegara masih tertarik untuk mengunjungi situs peninggalan sejarah ini lantaran memang keindahan yang ditawarkan oleh Candi Prambanan tidak sanggup terelakkan. Beberapa dongeng di balik Candi Prambanan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi turis yang berkunjung.


Dilarang Datang Berpasangan

Candi Prambanan dikenal dengan sejumlah dongeng yang sanggup mengundang turis untuk berkunjung. Salah satu dongeng yang paling sering terdengar yakni perihal larangan bagi mereka yang berpasangan untuk tiba ke Candi Prambanan. Hal ini disebabkan oleh mitos yang menyatakan bahwa bagi mereka yang tiba berpasangan akan mengalami final dari korelasi mereka sesudah berkunjung ke Candi Prambanan. Akan tetapi, hal ini hanya merupakan isapan jempol belaka lantaran pada kenyataannya banyak orang yang berkunjung dengan pasangannya masih menjalin korelasi yang baik sesudah mengunjungi Candi Prambanan.

Keagungan Candi Prambanan

Alasan mengapa Candi Prambanan menjadi salah satu candi yang dikenal masyarakat luas yakni kenyataan bahwa Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang mempunyai sejumlah keagungan tersendiri. Hal ini sanggup dilihat dari salah satu penggalan dari Candi Prambanan, yaitu Candi Siwa, yang terhitung merupakan candi pemujaan Siwa terbesar di Indonesia. Jika melihat bentuk dari Candi Prambanan, maka akan terdapat sebuah citra yang ibarat Gunung Mahameru. Gunung tersebut bagaimanapun juga dipercaya sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa dan juga merupakan tempat bersemayamnya dewa-dewa.

Kisah Ramayana

Setiap candi sejatinya mengandung sebuah dongeng yang dimaksudkan untuk memberi pengajaran tertentu pada masyarakat pada jamannya dulu. Cerita tersebut disampaikan melalui relief yang terukir terang pada dinding candi. Di Candi Prambanan, Ramayana yakni kisah yang ingin diceritakan kepada turisnya yang tiba berkunjung. Untuk mengikuti kisah Ramayana di Candi Prambanan secara runtut, mulailah dari candi yang berada pada sisi sebelah timur. Berbeda dengan kisah Ramayana yang berasal dari India, Candi Prambanan mengatakan kisah yang lebih diadaptasi dengan keadaan penduduk Indonesia. Banyak hal yang bertentangan mengenai hal ini, terlebih perihal siapa yang lebih dulu menciptakan kisah Ramayana itu. Apapun itu, kita patut berbangga untuk mempunyai Candi Prambanan sebagai salah satu situs yang telah dikenal ribuan masyarakat dunia.

No comments:

Post a Comment