Monday, September 30, 2019

Pintar Pelajaran Hati-Hati, Hal Ini Dapat Menyakiti Hati Orang Tua

Perpustakaan Cyber (23/8/2015) - Tanpa sadar, terkadang anak yang sudah masuk usia remaja menyakiti orang tuanya. Ini dapat berasal dari perkataan hingga perbuatan yang dilakukan oleh sang anak. Padahal, berapa pun usia Anda, orang renta tetaplah mereka yang harus dihormati dan disayangi.

Walaupun orang renta jarang merasa keberatan atas tingkah laris dan ucapan anaknya, adakalanya kita sebagai anak harus tahu diri bahwa ucapan atau perbuatan kita pada orang renta yakni salah. Maka dari itulah, berikut ini yakni beberapa hal yang dapat menciptakan perasaan orang renta kita tersakiti.


Jarang memberi kabar

Bagi Anda yang dalam keadaan kondisi berjauhan. Coba ingat kembali kapan terakhir kali Anda menelepon ayah dan ibu hanya untuk menanyakan kabar?

Orang renta ingin kalau belum dewasa mereka melaksanakan ini. Mereka sendiri bahwasanya ingin mengangkat telepon dan jadi pihak pertama yang menanyakan kabar. Namun, mereka enggan sebab tidak mau mengganggu jadwal harian Anda sebagai anaknya. Maka dari itulah sebaiknya kita musti sadar inisiatif, memberi kabar.

Lupa ulang tahun

Orang renta suka kalau momen-momen tertentu diingat oleh anak-anaknya, termasuk hari ulang tahunnya. Tidak perlu dirayakan secara besar-besaran. Cukuplah dengan mengucap selamat atau sedikit ditambah kado yang menyenangkan mereka. Bukankah hal-hal itu dulunya mereka lakukan saat Anda masih kecil?

Meminta uang

Anak yang sudah remaja sudah waktunya membantu orang tua, bukannya merepotkan mereka. Uang yang dimiliki orang renta Anda yakni hak yang mereka punya dan yakni hak mereka untuk menikmatinya juga.

Tidak mengatakan bantuan

Orang renta sudah mempunyai keterbatasan fisik yang menciptakan mereka berhalangan melaksanakan suatu hal. Di sinilah tugas seorang anak dinanti dengan pemberian fisik apa pun kepada mereka. Jangan sungkan untuk membantunya memasak, membantu basuh pakaian, dan segala pekerjaan lainnya.

Walau pun Anda sudah tumbuh remaja bukan berarti Anda melupakan jati diri sebagai anaknya.

Tidak diajak ke program keluarga

Mereka tidak menuntut untuk selalu diajak ke program keluarga. Tapi yakni hal yang sopan untuk mengajak mereka ikut serta. Biarkan mereka menikmati momen kebersamaan bersama Anda dan keluarga.

Nah itulah beberapa hal yang musti kita perhatikan sebagai anak, jangan hingga kedewasaan kita justru tidak dapat memahami apa yang diperlukan oleh orang renta kita.

No comments:

Post a Comment