Monday, September 30, 2019

Pintar Pelajaran Danau Maninjau, Danau Sumber Air Sumatera Barat

Perpustakaan Cyber (5/5/2015) - Mengenal lebih bersahabat pulau Sumatera sungguh menarik. Memiliki beberapa propinsi dengan destinasi unggulan menyebabkan pulau ini juga ramai dikunjungi dikala liburan. Dengan melihat keberadaan danau di Sumatera terbilang banyak. Salah satu danau yang ada yaitu danau Maninjau. Danau ini berada di propinsi Sumatera Barat. Tidak kalah dengan danau-danau lain yang ada di propinsi lain, pesona dari danau Maninjau bisa juga meluluhkan hati pengunjungnya. Tidak hanya sebagai kawasan destinasi saja namun juga mempunyai manfaat bagi penduduk di sekitar danau ini. Danau Maninjau menjadi danau kebangaan Sumatera Barat. Danau ini termasuk danau vulkanik akhir letusan dari gunung api yang berjulukan gunung Sitinjau. Danau Maninjau mempunyai beberapa fakta yang menarik untuk Anda ketahui.


1. Danau Dari Sebuah Legenda

Indonesia tentu tidak absurd lagi dengan hal yang berbau mitos dan legenda. Kedua hal ini menjadi insiden yang diyakini oleh sebagian orang dan terlebih penduduk sekitar yang tinggal di temat yang mempunyai mitos dan legenda. Begitu juga dengan danau Maninjau yang mempunyai legenda menarik hingga tercipta danau ini. Menurut legenda Sumatera Barat, danau Maninjau dikisahkan dalam legenda Bujang Sembilan. Inti dari legenda ini yaitu terdapat sepuluh bersaudara yang terdiri dari sembilan orang laki-laki dan seorang wanita. Sembilan laki-laki tersebut masih bujang sedangkan saudara bungsu mereka telah mempunyai kekasih. Entah alasannya yaitu iri atau ada maksud tidak terpuji yang dituduhkan kepada saudara kandungnya sendiri, kesembilan bujang tersebut pun menjatuhkan fitnah. Menurut legenda ini, adik bungsu perempuan bujang sembilan dan kekasihnya pun memanjatkan sebuah doa. Apabila mereka benar-benar bersalah maka ketika si bungsu dan kekasihnya melompat ke kawah gunung api Sitinjau maka akan segera meletus dan bujang sembilan akan bermetamorfosis menjadi ikan-ikan. Jika bersalah maka sebaliknya, si bungsu dan kekasihnya akan mati di kawah tersebut. Dan ketika si bungsu dan kekasihnya melompat yang terjadi yaitu gunung api Sitinjau meletus dan bujang sembilan bermetamorfosis menjadi ikan-ikan. Sehingga terbentuklah danau yang sekarang dikenal dengan nama Maninjau.

2. Danau Sumber Air

Jika melihat sumber mata air terang itu sebagai sumber air. namun yang dimaksud untuk danau Maninjau sebagai sumber air yaitu danau ini menjadi penghidupan penduduk sekitar. Faktanya air dari danau ini telah dimanfaatkan dengan memakai Pembangkit Listrik Tenaga Air. keberadaan danau ini telah membantu kehidupan penduduk Sumatera Barat demi memperoleh air. baik itu untuk persawahan, ladang, aktivitas, dan lain sebagainya. 

3. Danau Yang Dalam

Dengan melihat ukuran danau yang ada tentu terang danau akan mempunyai kedalaman yang luar biasa. Untuk danau ini memang mempunyai kedalaman mencapai lebih dari angka 450 meter dari atas permukaan laut. Dengan luas hampir 100 kilo meter persegi ini tentu memang dalam danau Maninjau. Karena mempunyai kedalaman yang luar biasa inilah danau Maninjau dimanfaatkan untuk PLTA.

4. Danau Terluas

Fakta berikutnya untuk danau ini yaitu termasuk danau terluas. Ada dua kategori yang diperoleh danau Maninjau. Kategori pertama terluas dengan peringkat sebelas untuk danau-danau yang ada di Indonesia. Dan kategori kedua yaitu danau terluas dengan peringkat kedua di propinsi sendiri yaitu, Sumatera Barat.

Danau yang begitu kental dengan legendanya ini pun bisa memikat para pengunjung atau wisatawan yang datang. Mengetahui melalui fakta-fakta saja belum cukup. Menjadi semakin lengkap ketika Anda sudah mengunjungi danau Maninjau untuk menikmati keindahan alam danau Sumatera Barat ini. 

No comments:

Post a Comment