Monday, September 30, 2019

Pintar Pelajaran Danau Toba, Danau Vulkanik Di Pesisir Sumatera

Perpustakaan Cyber (4/5/2015) - Pulau Sumatera yaitu salah satu pulau milik Indonesia. Ketika Anda berkunjung ke pulau ini maka ada banyak tempat wisata yang sanggup Anda kunjungi. Tidak kalah dengan keindahan dari pesona luar negeri. Terlebih ketika Anda menuju ke propinsi Sumatera Utara letak danau Toba berada. Kawasan satu ini memang populer dengan danau Toba. Danau yang terhampar sangat luas di pulau Sumatera ini mempunyai daya tarik sendiri bagi para penduduk setempat bahkan wisatawan dalam maupun luar negeri. Belum banyak yang tahu akan pesona alam satu ini. Kebanyakan hanya akan mengagumi pesona alam dari danau Toba itu sendiri atau hanya menikmati pemandangan alam. Danau Toba ini termasuk unik alasannya yaitu di tengah-tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang dikenal dengan nama pulau Samosir. Pulau ini tidak sekadar ada begitu saja, temukan fakta menarik dari danau Toba di Sumatera Utara berikut ini:


1. Danau Bentukan Gunung Api

Fakta pertama yaitu danau Toba terbentuk akhir letusan dari sebuah gunung api sangat aktif yaitu, gunung Toba. Kejadian gunung api Toba meletus sudah berlangsung semenjak berpuluh-puluh ribu tahun yang lalu. Pada ketika itu, gunung api Toba meletus dengan kekuatan yang sangat dahsyat dan salah satu imbas letusan gunung api Toba yaitu membentuk sebuah danau yang kini dikenal dengan nama danau Toba. Sehingga danau Toba pun juga sering dikenal oleh masyarakat sebagai danau vulkanik. Alasan yang terlihat pun terang alasannya yaitu danau ini terbentuk akhir dari letusan vulkanik. Mendengar sebutan sebagai danau vulkanik pun terkadang juga menciptakan beberapa orang merasa was-was ketika berada di danau ini. Namun bagaimanapun juga letusan gunung api Toba sudah terjadi semenjak usang sehingga kondusif sekarang.

2. Danau Berpulau

Fakata kedua ibarat yang sudah disebutkan bahwa di tengah-tengah danau Toba terdapat pulau Samosir. Pulau ini juga terbentuk akhir letusan dari gunung api Toba. Selain meninggalkan imbas berupa danau, gunung api ini Toba juga meninggalkan keberadaan sebuah pulau yaitu, Samosir. Tentu Anda tidak menyangka jikalau pulau Samosir yang berada di tengah-tengah danau Toba ini ternyata juga hasil dari letusan gunung api Toba. Jika danau Toba dikenal dengan danau vulkanik maka begitu juga dengan pulau Samosir yang juga dikenal dengan pulau vulkanik.

3. Danau Terbesar Se-Asia Tenggara

Fakta ketiga dengan melihat ukuran panjang danau Toba mencapai seratus kilo meter persegi dan lebar mencapai tiga puluh kilo meter persegi, maka danau ini disebut sebagai danau paling besar. Untuk danau-danau yang berada di tempat Asia Tenggara, danau Toba yang menduduki peringkat puncak sebagai danau paling besar.

4. Tempat Wisata Di Sumatera Utara

Fakta keempat yaitu danau Toba menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh setiap wisatawan. Baik itu wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri akan mengunjungi danau ini. Merasa ada yang kurang jikalau berkunjung ke tanah Sumatera dan belum menginjakkan kaki di danau ini. Sehingga ketika animo liburan datang maka tidak heran jikalau danau Toba akan penuh dengan orang-orang. Menjadi menarik alasannya yaitu Anda pun sanggup menyusuri danau Toba memakai perahu.

Tentu dengan melihat fakta-fakta menarik ini, Anda akan menentukan danau Toba sebagai tujuan wisata Anda. Tidak perlu menentukan luar negeri yang mempunyai biaya mahal, dengan menentukan tempat wisata kekayaan Indonesia ini. Anda tetap akan merasa puas menikmati pemandangan yang ada.

No comments:

Post a Comment