Monday, September 30, 2019

Pintar Pelajaran Koloseum

Tahukan Anda Koloseum? Mungkin bagi Anda yang suka tempat-tempat unik dan bersejarah serta penyuka bangunan-bangunan di Eropa, nama Koloseum sudah tidak gila lagi di indera pendengaran Anda. Koloseum merupakan salah satu bangunan bersejarah dan juga bangunan yang paling dicari oleh para wisatawan gila maupun lokal di Itali selain menara Pisa.

Koloseum sendiri mempunyai daya tarik dikarenakan sejarah dan juga bangunannya yang terbilang megah. Jika diingatkan bahwa bangunan tersebut telah dibangun pada zaman dahulu, maka sanggup disimpulkan bahwa pembangunan pada zaman dahulu sangatlah hebat. Terbukti dengan bangunan megah ibarat koloseum ini sanggup dibangun.

Pada zaman kekaisaran Roma dulu, bangunan yang dirancang oleh Chikkipa ini bertujuan untuk dipakai sebagai gedung pertunjukan atau amphiteather. Selain itu, Koloseum ini juga dipakai sebagai tempat pertarungan antara gladiator, tempat sanksi dan juga tempat pertarungan antara insan dan binatang. Sudah ribuan orang mati di tempat ini. Mungkin inilah salah satu penarik bagi wisatawan untuk mengunjungi bangunan ini.


Selain sejarah tersebut, terdapat beberapa bukti dan Fakta Tentang Koloseum yang cukup menarik dan juga sanggup dibilang kejam. Berikut beberapa faktanya :

1.   Nama ‘Colosseum’ sendiri berasal dari nama sebuah patung raksasa yang berasal dari Kaisar Nero. Letak patung ini juga berdekatan dengan lokasi Koloseum.

2.   Tidak perlu membayar kalau ingin masuk ke game, alias gratis.

3.   Amphiteather sangat besar sampai memuat kapasitas berjumlah antara 50.000 dan 80.000 orang.

4.   Terdapat Hypogeum yang merupakan kawasan bawah tanah yang terletak di bawah Koloseum. Di Hypogeum ini terdapat dua tingkat jaringan terowonga dan juga 32 sangkar hewan.  Selain itu, terdapat  80 poros vertikal yang dijadikan jalan masuk cepat untuk pergi ke arena bagi hewan.

5.   Terdapat 36 pintu perangkap yang dipakai di Arena. Pintu ini diperuntukkan biar pertandingan lebih menarik untuk ditonton.

6.   Terdapat  20 jenis Gladiators yang berbeda

7.   Alasan pembangunan koloseum : 

•       Hadiah untuk Warga Romawi.
•       Sebagai tempat pementasan banyak sekali macam pertunjukan dan juga membantu dalam mengontrol para pengangguran yang semakin bertambah banyak dan tidak sanggup diatur.
•       Menunjukan kekuatan dan kehebatan Roma dalam bidang pembangunan dan juga kekuatan dalam pertarungan.

8.   Di simpulan pertandingan, para gladiator yang mati akan diseret melalui Libitinensis Porta atau Gerbang Kematian. Lalu sehabis itu dibawa ke Spoliarium yang kemudian badan mereka ditlanjangi dan baju dan aksesoris perangnya ditanggalkan.

9.   Sebanyak 42 Kaisar Romawi yang telah menyaksikan agresi pembantaian di amphiteater ini.

10. Sebanyak 700.000 orang diperkirakan tewas di arena Koloseum ini.

11. Eksekusi para tahanan atau Penjahat dijadikan sebagai hiburan pada siang hari yang populer.

12. Diperkirakan sebanyak kurang lebih  5000 binatang tewas dibantai dalam satu hari. hal ini menjadikan kepunahan binatang liar.

13. Penghukuman mati dengan cara Damnatio ad bestias atau menghukum mati dengan membiarkan binatang menyerang  dalam satu arena. Orang-orang yang dieksekusi tersebut sudah niscaya mati alasannya tidak sanggup melindungi diri dari hewan-hewan buas yang menyerang.

14. Hewan liar dan ganas yang dimasukkan biasanya disiksa terlebih dahulu atau tidak diberikan makan sangat usang sehingga binatang tersebut merasa kelaparan dan marah.

15. Criminal yang dimasukkan ke Koloseum terkadang suka diberi pakaian ibarat Oprpheus. Konon berdasarkan legenda, Orpheus sanggup menjinakkan banyak sekali makhluk hanya dengan memainkan kecapinya.

No comments:

Post a Comment