Monday, September 30, 2019

Pintar Pelajaran Kakawin Mahabharata

Perpustakaan Cyber (15/5/2015) - Kitab merupakan buku yang berisi kisah-kisah sejarah masa lalu. biasanya kitab ditulis oleh seorang pujangga atau beberapa pujangga. Kitab tidak hanya terdapat di Indonesia saja bahkan di negara lain pun terdapat. Seperti kitab yang populer yaitu, Mahabharata. Mahabharata yaitu kisah yang berasal dari Asia Selatan yaitu, India. Cerita ini begitu lekat di kehidupan setiap orang. Bahkan pada tahun-tahun yang kemudian hingga sekarang, film dari Mahabharata ditayangkan dalam televisi. Tentu kisah yang diambil menurut dari kitab Mahabharata yang ditulis oleh seorang yang berjulukan Vyasa. Seorang asal negeri India dan seorang Begawan. Inti dari kisah kitab ini yaitu mengisahkan kisah keributan pandawa lima dengan korawa. Keributan tersebut mempersoalkan hak atas tanah di negara Astina. Dan puncak dari keributan ini tumpah pada pertempuran yang dikenal dengan nama pertempuran Bharatayuddha. Melihat inti kisah dari kitab ini saja sudah begitu menarik. Apalagi ketika Anda mengetahui beberapa fakta di balik kitab ini:


1. Termasuk Kitab Suci Hindu

Berasal dari India yang dominan penduduknya menganut agama Hindu, kitab Mahabharata menganggap kitab ini yaitu kitab yang suci. Hal ini terlihat dari kisah yang ditulis dalam bahasa sansekerta ini begitu banyak mengangkat kisah para dewa. Umat Hindu tidak hanya meyakini keberadaan dewa, pusaka yang ada, namun juga kitab suci Mahabharata. Umat Hindu pun meyakini dengan niscaya kitab yang tertulis mempunyai arti untuk memperbaiki dan fatwa kehidupan yang lebih baik dengan mengambil tindakan yang positif. Sehingga mereka yang menganut agama Hindu begitu menjaga isi dari kisah Mahabharata.

2. Memiliki Salinan

Fakta lain yang terdapat dalam kitab Mahabharata yaitu mempunyai jumlah salinan yang banyak. Untuk salinan bahasa sendiri, kitab ini mempunyai bahasa yang beragam. Tidak heran kalau kisah kitab Mahabharata ini sanggup dikenal dan diketahui banyak negara. Bahkan untuk di Indonesia sendiri, salinan kitab Mahabharata ibarat Bhismaparwa, Adiparwa, Wirataparwa, dan yang lain. Dengan melihat fakta bahwa kitab ini banyak mempunyai salinan maka kitab ini begitu menarik untuk diketahui kisahnya. 

3. Perkembangan Budaya

Menarik untuk Anda ketahui mengenai fakta berikut ini. Berkaitan dengan budaya ternyata kitab mahabharata mempunyai andil terhadap perkembangan budaya. Hal ini terasa di Indonesia terutama di Bali. Kota Bali tentu sangat populer dengan pahatan patung-patungnya. Tokoh-tokoh dalam kitab Mahabharata ini ternyata banyak dipahat oleh seniman Bali. Tidak hanya patung saja, kitab ini juga dikembangkan dalam seni wayang dan juga relief pada candi. Kisah-kisah kerajaan yang sangat banyak memang akan sulit untuk diingat namun dengan budaya tersebut maka kisah dari kitab ini pun sanggup dinikmati melalui patung, dan cara yang lain.

4. Permainan Dalam Kitab

Maksud dari permainan di dalam kitab Mahabharata ini yaitu bukan terdapat suatu permainan yang sanggup Anda mainkan. Melainkan permainan yang dilakukan oleh Yudhistira dan Duryudana. Permainan yang dilangsungkan yaitu permainan dadu. Permainan ini dilakukan atas dasar pandangan gres dari Sangkuni. Permainan dadu sebagai bentuk tipu budi bulus untuk menipu Pandawa. 

Isi yang tertulis dari kitab Mahabharata ini pun ada perbedaan pendapat. Ada yang menyampaikan terdiri dari delapan belas kitab dan ada juga yang beropini kumpulan kisah-kisah yang kemudian dijadikan satu. Dibalik itu, kisah dari kitab Mahabharata ini tetap mempunyai hati bagi setiap orang. Sebab cara penyampaian kitab ini yang begitu menarik. Sehingga setiap orang tidak mencicipi jenuh ketika mengikuti isi dari kitab.

No comments:

Post a Comment