Thursday, January 23, 2020

Globalisasi, Bermanfaat Atau Tidak?

Apa manfaat globalisasi bagi insan di banyak sekali serpihan dunia? Perhatikan di sekitar kita. Ketika kita berbelanja di supermarket, kita menemukan banyak sekali makanan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Aneka pasta dari Italia, keju dari Belanda, bangku plastik buatan Tiongkok, atau peralatan dapur produksi Jerman. Apakah makanan dan barang produksi Indonesia juga ada di luar negeri? Tentu saja! Sekarang di negara lain tidak sulit menemukan gudeg dalam kaleng produksi Indonesia. Kain dan perabot hasil karya pengrajin tempat pun semakin terkenal di mancanegara. Kemudahan dalam pertukaran produk merupakan salah satu hal faktual dari globalisasi.

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih menandai dimulainya kala globalisasi. Telepon, satelit, televisi, dan jaringan internet, membawa isu dari serpihan dunia lain tanpa jeda waktu. Dalam sekejap, isu penting dan terkenal tersampaikan ke segala penjuru dunia.

Namun perlu pula kita waspadai. Globalisasi sanggup memengaruhi kebudayaan insan di sebuah negeri. Masuknya imbas asing, secara tidak eksklusif akan membawa perubahan budaya dalam masyarakat. Perubahan budaya sanggup menjadi imbas positif, namun bukan tidak mungkin membawa imbas negatif. Saat ini di kota besar di Indonesia, belum dewasa muda gemar menikmati tayangan dari Korea. Mereka juga memalsukan cara berpakaian muda-mudi Korea. Apakah sesuai dengan nilai-nilai dalam budaya Indonesia? Belum tentu!

Pengaruh faktual jawaban globalisasi tentu akan memperkaya insan di sebuah negeri. Namun tanpa benteng nilai budaya yang kuat, tidak tidak mungkin nilai luhur sebuah bangsa akan luntur jawaban globalisasi.

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa saja dampak faktual dari globalisasi?
Dampak faktual globalisasi diantanranya yaitu kita sanggup dengan gampang menemukan banyak sekali makanan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Selain itu juga isu penting dan terkenal tersampaikan ke segala penjuru dunia.
2. Apa saja dampak negatif dari globalisasi?
Dampak negatif globalisasi diantaranya yaitu membanjirnya barang dari luar negeri sehingga mengalahkan produksi dalam negeri. Selain itu globalisasi juga mengakibatkan masuknya budaya absurd yang belum tentu cocock dengan budaya bangsa Indonesia.
3. Mengapa globalisasi sanggup memengaruhi budaya bangsa?
Globalisasi sanggup memengaruhi budaya bangsa alasannya dengan masuknya imbas absurd secara tidak eksklusif akan membawa perubahan budaya dalam masyarakat.
4. Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?
Globalisasi membawa banyak perubahan pada budaya bangsa Indonesia sehingga tidak tidak mungkin nilai luhur sebuah bangsa akan luntur jawaban globalisasi. Bangsa Indonesia harus mempunyai benteng nilai budaya yang kuat.
5. Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi kala globaliasi?
Untuk menghadapi kala globalisasi dibutuhkaan sumber daya insan yang mempunyai keterampilan-keterampilan yang diharapkan dan benteng nilai budaya yang kuat.
6. Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi
Apa manfaat globalisasi bagi insan di banyak sekali serpihan dunia Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?
Saat ini, imbas budaya absurd telah membawa begitu banyak perubahan berlangsung sangat cepat dan menyangkut sendi-sendi dasar kehidupan masyarakat. Misalnya yaitu perubahan mode pakaian. Dapat kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari baik belum dewasa maupun cukup umur sudah mulai memalsukan cara berpakaian orang-orang absurd atau yang kebarat-baratan.

No comments:

Post a Comment