Keragaman yang terdapat dalam organisasi ini menjadi kekuatan tersendiri bagi organisasi tersebut terutama ketika menghadapi dilema yang berkaitan dengan irigasi. Sebagaimana yang tertera dalam bacaan tersebut bahwa, “ Organisasi ini menjadi wadah bertemunya petani untuk saling bertukar pikiran, curah pendapat serta menciptakan keputusan-keputusan guna memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama oleh petani, baik yang sanggup dipecahkan sendiri maupun yang memerlukan tunjangan dari luar.”
Keberagaman yang dimiliki oleh organisasi ini justru memperkuat keberadaan organisasi tersebut, terutama dalam menghadapi dilema atau tantangan-tantangan baru.
Ayo Mencoba
Isilah peta pikiran berikut ini dengan memilih siapa saja yang bertanggung jawab memilih dan mengerjakan setiap bab yang dimaksud. Mulailah untuk memilih judul, karakter, serta rancangan naskah dalam bentuk iklan layanan masyarakat.
Hal yang Dibutuhkan dalam Iklan Layanan Masyarakat | ||
---|---|---|
Jumlah pemeran | : | Empat Orang |
Judul iklan | : | Keragaman sebagai Modal Pembangunan Bangsa |
Naskah iklan | : | Adegan 1 : Empat orang siswa sedang berada di taman sekolah ketika istirahat. Mereka sedang berbincang wacana acara yang akan mereka rencanakan untuk mengisi acara pentas seni di sekolahnya. Siswa 1 : "Apa planning kalian untuk acara pentas seni di sekolah Minggu depan?" Siswa 2 : "Kalau saya sih inginnya menampilkan tarian dari Jawa Tengah. Karena saya berasal dari Semarang." Siswa 3 : "Yah...aku gimana dong, saya kan dari Bandung dan tidak sanggup menari tari Jawa..." Siswa 4 : "Bagaimana dong jadinya. Sulit kayaknya menampilkan tarian dari Jawa nih.." Siswa 2 :"Jangan bingung, nanti saya yang akan mengajari kalian tarian dari Jawa. Bagaimana, setuju?" Siswa 1 : "Aku sih oke sekali. Bagaimana bila latihannya nanti jam empat sore?" Siswa 2 dan 3 :"Setuju ! (bersamaan) Mereka berempat pun membubarkan diri dan masuk ke dalam kelas untuk mengikuti pelajaran ibarat biasanya. Waktu berlalu dan hingga pada ketika pulang sekolah. Mereka pulang ke rumah masing-masing. Adegan 2 Tampak Siswa 2 sedang duduk di teras rumahnya menunggu teman-teman yang akan berlatih menari.. Beberapa ketika kemudian 3 orang temanya pun datang. Siswa 2 : "Akhirnya tiba juga. Ayoo pribadi masuk ke dalam!? (mereka berempat masuk ke dalam rumah) Siswa 1 :"Wah sudah siap latihan nih, Ayoo dong ajarin saya tari Jawa !" Siswa 2 : "Tenang saja. Yuk kita mulai, kalian ikuti gerakanku dari belakang ya!" Mereka pun asyik latihan tari gotong royong dengan suasana riang dan gembira. Adegan 3 Selesai latihan mereka berempat berbincang-bincang di teras rumah. Siswa 3 : "Ternyata mempelajari tari Jawa tidak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya." Siswa 4 : Iya...aku juga. Ternyata gerakannya mudah." Siswa 1 : "Itulah keberagaman budaya bangsa kita. Berbeda itu indah dan berbeda itu biasa." Siswa 2 : "Perbedaan asal suku yang ada diantara kita bukan penghalang untuk saling mengenal budaya masing-masing." Siswa 1,2,3, dan 4 : (bersamaan sampil mengepalkan tangan) "Berbeda itu Indah. Yesss !!!" Mereka pun kembali ke rumah masing-masing dengan perasaan gembira dan gembira. |
Karakter tokoh | : | Siswa 1 : Berasal dari Jakarta Siswa 2 : Brasal dari Jawa Tengah SIsswa 3 : Berasal dari Bandung, Jawa Barat Siswa 4 : Bersasal dari Sumatera Selatan |
Sketsa gambar menurut naskah
Dalam pembuatan iklan di sebuah media elektronik, diharapkan alat bantu yang dinamakan storyboard. Storyboard berbentuk denah gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah.
Dengan tunjangan storyboard, kita sanggup memberikan inspirasi kisah dengan gampang kepada orang lain. Hal ini sangat penting semoga setiap pihak yang berperan dalam pembuatan iklan mempunyai pengertian yang sama dengan apa yang kita hendaki.
No comments:
Post a Comment