Friday, January 24, 2020

Jenis Jenis Makanan Hewan

Jenis masakan binatang dikelompokkan menjadi dua, yaitu masakan yang berupa flora dan masakan yang berupa binatang lain. Hewan yang memakan flora menentukan bagian-bagian flora yang sanggup dijadikan makanan. Ada binatang yang hanya memakan daun tumbuhan. Ada pula binatang yang hanya memakan batang, buah, atau hanya biji tumbuhan. Namun, ada beberapa jenis binatang yang memakan lebih dari satu bab flora tersebut.

Bagian flora yang paling sering dijadikan masakan binatang ialah daun. Hewan ibarat ulat, rusa, dan zebra, merupakan beberapa pola binatang yang memakan daun. Sementara itu, beberapa binatang menyukai batang tumbuhan. Sapi merupakan salah satu binatang yang menyukai batang tumbuhan padi dan jagung. Sedangkan binatang panda menyukai batang pohon bambu. Bagian tumbuhan berupa buah juga disukai hewan. Belatung bahagia memakan bab dalam buah dan ini seringkali merugikan para petani buah-buahan. Burung-burung menyukai bab flora yang berupa biji. Biji padi sering menjadi incaran burung pipit. Biji kenari sangat disukai para tupai.

Beberapa binatang memakan binatang yang lebih kecil sebagai makanannya. Hewan kecil ini menjadi mangsa bagi binatang yang lebih besar. Serangga menjadi masakan bagi hewan-hewan ibarat katak atau cecak. Tikus menjadi masakan bagi kucing. Demikian juga dengan kelinci, yang menjadi masakan bagi burung elang.

Ayo Mencoba
Setelah kau membaca teks bacaan di atas, catatlah beberapa pertanyaan menurut teks bacaan dan juga pertanyaan yang berafiliasi dengan teks bacaan.
  1. Apa yang sangat disukai para tupai? (Biji kenari)
  2. Siapa yang menjadi masakan bagi kucing? (Tikus)
  3. Mengapa biji padi menjadi incaran burung pipit? (Burung-burung menyukai bab flora yang berupa biji.)
  4. Bagaimana cara binatang memenuhi kebutuhan makanannya? (Hewan meemnuhi kebutuhan makanannya dengan cara memakan flora atau binatang yang lain)
  5. Dimana hewan-hewan tersebut mencari makanan? (Hewan-hewan mncari masakan di alam sekitar daerah tinggalnya)

Ayo Mengamati
Amatilah hewan-hewan yang ada di sekitarmu. Lalu, bekerjasamalah dengan teman-temanmu untuk melaksanakan acara berikut! Alat-alat dan materi yang diperlukan, antara lain gunting, kertas karton besar, spidol, surat kabar dan majalah bekas, penggaris, serta lem kertas. Langkah-langkah kegiatan:
  1. Carilah dan guntinglah gambar-gambar binatang yang terdapat di surat kabar atau majalah bekas.
  2. Dengan memakai penggaris, buatlah tabel besar pada kertas karton tersebut ibarat pola berikut!
Gambar dan Nama
Hewan
Nama atau Jenis
Makanan
Golongan Makanan
(Tumbuhan/Hewan)
Jenis masakan binatang dikelompokkan menjadi dua Jenis Jenis Makanan Hewan
KangkungTumbuhan
Jenis masakan binatang dikelompokkan menjadi dua Jenis Jenis Makanan Hewan
TikusHewan
Jenis masakan binatang dikelompokkan menjadi dua Jenis Jenis Makanan Hewan
WortelTumbuhan
Jenis masakan binatang dikelompokkan menjadi dua Jenis Jenis Makanan Hewan
SeranggaHewan
Jenis masakan binatang dikelompokkan menjadi dua Jenis Jenis Makanan Hewan
Biji kenariTumbuhan
Di alam bebas, binatang memiliki jenis masakan tersendiri. Jenis masakan binatang yang dipelajari ialah masakan yang tersedia di alam. Sumber masakan binatang dikelompokkan ke dalam dua macam, yaitu flora dan hewan.

Makanan yang berasal dari flora di antaranya sanggup berupa daun, batang, buah, biji-bijian, dan akar atau umbi-umbian. Sedangkan masakan yang berasal dari binatang sanggup berupa daging, ikan, tulang, dan serangga.

No comments:

Post a Comment