Friday, January 24, 2020

Indonesia Sebagai Negara Laut Dan Negara Agraris

Indonesia mempunyai kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di daerah Asia Tenggara. Perhatikan dengan saksama peta Indonesia. Bentuk negara yang terdiri atas pulau-pulau menyerupai Indonesia, disebut negara kepulauan. Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim yaitu negara yang mempunyai luas maritim lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau. Oleh alasannya yaitu itu, penduduk yang tinggal di negara maritim banyak memanfaatkan sumber daya kelautan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, menurut kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris. Negara agraris yaitu negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani yang mengolah lahan pertanian. Sebagai negara agraris, tentu saja negara Indonesia mempunyai lahan subur yang sangat cocok untuk pertanian dan perkebunan. Perhatikan kembali peta Indonesia tersebut. Jika diperhatikan, negara Indonesia mempunyai banyak sekali gunung berapi yang masih aktif. Abu vulkanik gunung berapi sanggup menyuburkan tanah yang berada di sekitarnya. Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang penting untuk pertanian dan perkebunan.

Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan. Adanya dua musim, yaitu ekspresi dominan kering atau ekspresi dominan kemarau dan ekspresi dominan berair atau ekspresi dominan hujan membantu para petani dan nelayan Indonesia untuk bekerja. Kekayaan maritim dan pertanian merupakan sumber daya andalan Indonesia.

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlan acara berikut.
1. Menentukan pokok pikiran dan isu penting dari bacaan dengan memakai tabel di bawah ini.
ParagrafPikiran UtamaInformasi Penting
1Indonesia mempunyai kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di daerah Asia Tenggara.Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim yaitu negara yang mempunyai luas maritim lebih besar dibandingkan dengan luas daratan.
2Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, menurut kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris.Negara agraris yaitu negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani. Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang penting untuk pertanian dan perkebunan.
3Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat
menguntungkan.
Indonesia mempunyai dua musim, yaitu ekspresi dominan kering atau ekspresi dominan kemarau dan ekspresi dominan hujan. Kekayaan maritim dan pertanian merupakan sumber daya andalan Indonesia.

2. Membuat ringkasan menurut bacaan
Dengan memakai tabel yang berisi pokok pikiran dan isu penting di atas, buatlah sebuah ringkasan. Tuliskanlah ringkasanmu dalam satu paragraf dengan memakai kalimatmu sendiri. Perhatikan tanda baca, penggunaan aksara kapital yang tepat, dan penggunaan kata-kata baku dalam kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Indonesia mempunyai kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di daerah Asia Tenggara. Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, menurut kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris. Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan.

Ayo Mencoba
Siapkanlah alat dan materi menyerupai peta pulau tempat kau tinggal, kertas gambar ukuran A4, penggaris, pensil, dan pensil warna. Bacalah kembali langkah-langkah menggambar
peta menyerupai yang telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya. Gunakan pensil warna untuk menunjukkan pada petamu wacana ketinggian daerah masing-masing.

Perhatikanlah nama banyak sekali kenampakan alam yang ada, menyerupai nama gunung, selat, atau maritim yang berada di wilayah tersebut. Dengan memakai warna yang berbeda, menyerupai pada peta asli, kau sanggup membedakan tingkat ketinggian daratan dan kedalaman lautan. Dari data tersebut, kau sanggup mengetahui daerah mana yang lebih rendah atau lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya.
Indonesia mempunyai kondisi geografis yang unik di antara negara Indonesia Sebagai Negara Maritim dan Negara Agraris
Daerah dengan dataran tinggi menyerupai pegunungan biasanya penduduknya bertani sayuran. Daerah yang lebih rendah, biasanya penduduknya bertani padi dengan mengolah sawah. Bagaimana dengan daerah yang berada erat laut? Gunakan gambar peta yang telah diwarnai untuk menunjukkan dan menjelaskan isu wacana kemungkinan acara penduduk di daerah yang mempunyai perbedaan kenampakan alam. Lalu, tuliskanlah kesimpulanmu pada tempat yang telah disediakan.

Daerah pantai dalam peta diberi warna hijau muda. Di wilayah pesisir/pantai ini umumnya dijumpai acara masyarakat yang berafiliasi dengan kelautan. Sebagai contoh:
  1. Penangkapan ikan di laut;
  2. Pembudidayaan ikan air payau;
  3. Usaha tambak udang;
  4. Pusat-pusat pelelangan ikan; dan sebagainya.

Dataran rendah (dalam peta berwarna hijau tua) mempunyai kontur landai atau relatif datar). Berbagai acara insan yang banyak dikembangkan di daerah dataran rendah, antara lain:
  1. Kegiatan pertanian/perkebunan tanaman dataran rendah;
  2. Kawasan industri (menengah dan besar);
  3. Pusat-pusat perdagangan;
  4. Pusat-pusat pemerintahan dan kebudayaan;
  5. Pusat-pusat permukiman.

Wilayah dataran tinggi/pegunungan (dalam peta berwarna kuning–cokelat) mempunyai udara lebih sejuk. Kegiatan yang mungkin dijumpai di wilayah ini, antara lain:
  1. Budi daya pertanian/perkebunan tanaman dataran tinggi;
  2. Kegiatan wisata gunung atau agrowisata; dan
  3. Kegiatan kehutanan (hutan produksi).

Kesimpulan :
Aktivitas penduduk di suatu daerah sangat dipengaruhi oleh kondisi geografis terutama kondisi fisiknya. Indonesia mempunyai bentang alam atau bentuk permukaan bumi yang ada di daratan berbeda-beda. Ada yang disebut dataran tinggi, dataran rendah dan pantai.

No comments:

Post a Comment