Friday, January 24, 2020

Mengenal Letak Geografis Indonesia

Negara Indonesia mempunyai banyak pemandangan alam yang sangat indah, salah satunya yaitu keindahan pemandangan laut. Terdapat aneka macam pantai yang indah dan pemandangan bawah bahari yang mengagumkan alasannya yaitu negara kita merupakan negara kepulauan. Tahukah kau apa yang dimaksud dengan negara kepulauan?

Letak geografis merupakan letak suatu kawasan atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis sebuah kawasan atau negara dibatasi oleh letak geografis kawasan atau negara lain yang berbatasan.

Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Demikian juga Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan eksklusif dengan beberapa negara menyerupai Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia. Letak geografis Indonesia dianggap strategis alasannya yaitu menjadi tempat persilangan antara dua benua dan dua samudra.

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000 pulau berukuran besar dan kecil berada di wilayah Indonesia. Dari sejumlah pulau tersebut, sekira 6.000 pulau tidak berpenghuni. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Sementara itu beberapa pulau kecil yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.
Negara Indonesia mempunyai banyak pemandangan alam yang sangat indah Mengenal Letak Geografis Indonesia
Wilayah negara Indonesia membentang dari Sabang di barat sampai Merauke di sebelah timur, terdiri atas daratan dan perairan. Luas daratan Indonesia yaitu 1.922.570 km2. Luas perairan Indonesia yaitu 3.257.483 km2.

Berdasarkan bacaan tersebut, lakukanlan aktivitas berikut.
1. Menentukan pokok pikiran dan isu penting dari bacaan dengan memakai tabel di bawah ini.
ParagrafPikiran UtamaInformasi Penting
1Letak geografis merupakan letak suatu kawasan atau negara dilihat dari
kenyataan di permukaan bumi.
Letak geografis sebuah kawasan atau negara
dibatasi oleh letak geografis kawasan atau negara lain yang berbatasan.
2Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua AustraliaIndonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan eksklusif dengan negara menyerupai Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia. 
3Negara Indonesia merupakan negara kepulauan.Terdapat lebih dari 17.000 pulau. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Beberapa pulau kecil yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.
4Wilayah negara Indonesia membentang dari Sabang di barat sampai MeraukeLuas daratan Indonesia yaitu 1.922.570 km2. Luas perairan Indonesia yaitu 3.257.483 km2.

2. Perhatikan kembali gambar peta di atas
a. Tuliskanlah nama negara-negara yang berbatasan wilayah daratannya dengan Indonesia.
Indonesia berbatasan eksklusif dengan beberapa negara menyerupai Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia. 
b. Tuliskan nama perairan yang mengelilingi wilayah negara Indonesia.
Laut cina selatan di utara, samudera pasifik di utara dan timur, samudera hindia di selatan dan barat
c. Berilah tanda silang (X) pada pulau-pulau besar di wilayah negara Indonesia yang disebutkan di dalam bacaan.
Negara Indonesia mempunyai banyak pemandangan alam yang sangat indah Mengenal Letak Geografis Indonesia
d. Lingkarilah pulau-pulau kecil yang ada di wilayah negara Indonesia menyerupai yang disebutkan di dalam bacaan.

e. Apakah yang sanggup kau simpulkan dari letak geografis Indonesia?
Letak geografis yaitu letak suatu negara di permukaan bumi. Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia dan dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia

Ingatkah kamu?
Peta mempunyai beberapa komponen sebagai berikut.
Negara Indonesia mempunyai banyak pemandangan alam yang sangat indah Mengenal Letak Geografis Indonesia
  1. Judul Peta, biasanya ditulis pada bab atas peta yang biasanya menunjukkan isi peta tersebut.
  2. Skala Peta, merupakan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya. Dengan skala peta, pengguna peta akan sanggup memilih jarak antartempat yang ada pada peta.
  3. Simbol, merupakan gambar atau warna tertentu pada peta untuk mewakili objek dalam peta.
  4. Garis astronomis, merupakan garis khayal pada muka bumi. Garis-garis mendatar (horizontal) yang terdapat pada peta disebut garis lintang dan garis tegak disebut garis bujur.
  5. Legenda, merupakan keterangan beberapa simbol yang dipakai pada peta untuk memudahkan pengguna peta memahami isi peta.
  6. Mata Angin, merupakan anutan utama arah mata angin. Mata angin yang mengarah ke atas menunjukkan arah Utara.

Cara Menggambar Peta
Kali ini kau akan mencoba untuk menggambar sebuah peta geografis Indonesia secara sederhana. Kamu akan menggambar peta yang mempunyai skala yang sama dengan peta aslinya. Untuk itu, kau memerlukan beberapa alat dan materi menyerupai buku atlas, kertas gambar ukuran A4, penggaris, pensil,
dan pensil warna. Lalu, ikutilah tahap-tahap berikut ini.
Negara Indonesia mempunyai banyak pemandangan alam yang sangat indah Mengenal Letak Geografis Indonesia
  1. Cara menggambar peta dilakukan dengan mencontoh peta asli. Pada peta asli, dibentuk garis-garis bantu tegak dan mendatar berjajar. Jarak antargaris yaitu 2 cm sehingga terbentuk kotak-kotak persegi berukuran 2 × 2 cm. Berilah instruksi angka pada garis-garis tadi, mulai dari sudut kiri atas ke arah kanan dan ke arah bawah.
  2. Siapkan kertas gambar yang akan dipakai untuk menggambar peta. Buatlah garis bantu tegak dan mendatar berjajar memakai pensil dan penggaris. Ukuran garis tegak dan mendatar sama dengan ukuran garis tegak dan mendatar pada peta orisinil sebelumnya. Beri instruksi angka pada garis-garis tadi dengan cara yang sama pada peta asli.
  3. Mulailah menggambar peta di atas kertas gambar dengan mencontoh peta orisinil yang telah diberi garis bantu. Amati gambar pada peta orisinil dan letaknya sesuai instruksi yang telah dibuat. Setiap ukiran pensil yang dibentuk harus sesuai dengan alur garis pada peta orisinil yang dicontoh.

No comments:

Post a Comment