Friday, December 6, 2019

Masa Kejayaan Islam Yang Ditunggu Kembali

Dalam memahami islam ada beberapa pendekatan yang digunakan. Diantaranya pendekatan historis. Pendekatan historis atau sejarah ini amat dibutuhka dalam memahami islam, lantaran islam itu sendiri turun dalam keadaan situasi konkrit. Bahkan berkaitan dengan kondisi sosial atau kemasyarakatan Dan ruang lingkup sejarah islam itu sanggup dilihat dari segi periodesasinya.

A. Periodisasi Sejarah Islam
Harun Nasution dalam buku Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya telah membagi sejarah Islam secara garis besar ke dalam tiga (3) periode besar, yaitu:
PeriodeKeterangan
Periode Klasik
(650‒1250)
Periode Klasik merupakan periode kejayaan Islam yang dibagi ke dalam
dua fase, yaitu:
  1. Fase ekspansi, integrasi, (650‒1000),
  2. Fase disintegrasi (1000‒1250).
Periode Pertengahan (1250‒1800)Periode Pertengahan merupakan periode kemunduran Islam yang dibagi ke dalam dua fase, yaitu:
  1. Fase kemunduran (1250‒1500 M), dan
  2. Fase munculnya ketiga kerajaan besar (1500‒1800), yang dimulai dengan zaman kemajuan (1500‒1700 M) dan zaman kemunduran (1700‒1800).
Periode Modern (1800‒dan seterusnya)Periode Modern merupakan periode kebangkitan umat Islam yang ditandai
dengan munculnya para pembaharu Islam.

B. Masa Kejayaan Islam
Masa kejayaan Islam terjadi pada sekitar tahun 650‒1250. Periode ini disebut Periode Klasik. Pada kurun waktu itu, terdapat dua kerajaan besar, yaitu Kerajaan Umayyah atau sering disebut Daulah Umayyah dan Kerajaan Abbasiyah yang sering disebut Daulah Abbasiyah
  1. Pada masa Bani Umayyah, perkembangan Islam ditandai dengan meluasnya wilayah kekuasaan Islam dan berdirinya bangunan-bangunan sebagai sentra dakwah Islam. Kemajuan Islam pada masa ini meliputi: bidang politik, keagamaan, ekonomi, ilmu bangunan (arsitektur), sosial, dan bidang militer.
  2. Bani Abbasiyah ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan. Kemajuan Islam pada masa ini mencakup bidang ilmu pengetahuan, ekonomi, ilmu bangunan (arsitektur), sosial, dan bidang militer.

Kemajuan umat Islam baik pada masa Bani Umayyah maupun Bani Abbasiyah terjadi tidak secara tiba-tiba penyebabnya antara lain :
Faktor InternalFaktor Eksternal
  1. Konsistensi dan istiqamah umat Islam kepada fatwa Islam,
  2. Ajaran Islam yang mendorong umatnya untuk maju,
  3. Islam sebagai rahmat seluruh alam,
  4. Islam sebagai agama dakwah sekaligus keseimbangan dalam menggapai kehidupan duniawi dan ukhrawi.
  1. Terjadinya asimilasi antara bangsa Arab dan bangsa-bangsa lain yang lebih dahulu mengalami perkembangan dalam ilmu pengetahuan. 
  2. Gerakan Terjemah. Pada masa Periode Klasik, perjuangan penerjemahan kitab-kitab absurd dilakukan dengan ulet sekali terutama di bidang astronomi, kedokteran, filsafat, kimia, dan sejarah.

Selain faktor tersebut di atas, kejayaan Islam ini disebabkan pula oleh adanya gerakan ilmiah atau etos keilmuan dari para ulama yang ada pada Periode Klasik tersebut, antara lain menyerupai berikut.
  1. Melaksanakan fatwa al-Qur’an secara maksimal, di mana banyak ayat dalam al-Qur’an yang menyuruh biar kita memakai kecerdikan untuk berpikir.
  2. Melaksnakan isi hadis, di mana banyak hadis yang menyuruh kita untuk terus-menerus menuntut ilmu, meskipun harus ke negeri Cina.
  3. Mengembangkan ilmu agama dengan berijtihad, ilmu pengetahuan umum dengan mempelajarai ilmu filsafat Yunani. 
  4. Ulama yang berdiri sendiri serta menolak untuk menjadi pegawai pemerintahan.

Dari gerakan-gerakan tersebut di atas, muncullah tokoh-tokoh Islam yang mempunyai semangat berijtihad dan menyebarkan banyak sekali ilmu pengetahuan, antara lain:
Ilmu FilsafatBidang Kedokteran
  1.  Al Farabi (wafat tahun 916 M),
  2. Ibnu Bajah (wafat tahun 523 H),
  3. Ibnu Thufail (wafat tahun 581 H),
  4. Ibnu Shina (980‒1037 M),
  5. Al-Ghazali (1085‒1101 M),
  6. Ibnu Rusd (1126‒1198 M).
  1. Jabir bin Hayyan (wafat 778 M),
  2. Hurain bin Ishaq (810‒878 M),
  3. Thabib bin Qurra (836‒901 M),
  4. Ar-Razi atau Razes (809‒873 M)
Bidang MatematikaBidang Astronomi
  1. Umar Al-Farukhan,
  2. Al-Khawarizmi.
  1. Al-Farazi: pencipta Astro lobe
  2. Al-Gattani/Al-Betagnius
  3. Abul Wafa: menemukan jalan ketiga dari bulan
  4. Al-Farghoni atau Al-Fragenius
Ilmu Hadis
  1. Imam Bukhori (194‒256 H),
  2. Imam Muslim (wafat 231 H),
  3. Ibnu Majah (wafat 273 H),
  4. Abu Daud (wafat 275 H),
  5. At-Tarmidzi, dan lain-lain.

C. Tokoh-Tokoh pada Masa Kejayaan Islam
No.NamaKeterangan
1.Ibnu Rusyd (520‒595 H)
  1. Nama lengkap :  Abu Al-Walid Muhammad Ibnu Rusyd, 
  2. Lahir di Cordova (Spanyol) pada tahun 520 H. dan wafat di Marakesy (Maroko) pada tahun 595 H.
  3. Beliau menguasai ilmu fiqh, ilmu kalam, sastra Arab, matematika, fisika astronomi, kedokteran, dan filsafat.
  4. Karya-karya ia antara lain: Kitab Bidayat Al- Mujtahid, Kuliyat Fi At-Tib, Fasl al-Magal fi Ma Bain Al-Hikmat wa Asy-Syariat.
  5. Ibnu Rusyd beropini antara filsafat dan agama Islam tidak bertentangan, bahkan Islam menganjurkan para penduduknya untuk mempelajari ilmu Filsafat.
2.Al-Ghazali (450‒505 H)
  1. Nama lengkap : Abu Hamid al-Ghazali, 
  2. Lahir di Desa Gazalah, tahun 450 H dan wafat pada tahun 505 H.
  3. Belia menjalani kehidupan tasawuf selama 10 tahun di Damaskus, Jerusalem, Mekah, Madinah, dan Tus. Beliau  mendapat gelar Hujjatul Islām (bukti kebenaran Islam).
  4. Jasa-jasa ia terhadap umat Islam antara lain : Memimpin Madrasah Nizamiyah di Bagdad, Mendirikan madrasah untuk para calon andal fiqh di Tus, dan Menulis banyak sekali macam buku yang jumlahnya mencapai 288 buah, mengenai taṡawwuf, teologi, filsafat, logika, dan fiqh.
  5. Di antara bukunya yang terkenal, yaitu Ihya 'Ulum ad-Din, dalam bidang filsafat, ia menulis tahāfu al-Falāṡifah (tidak konsistennya para filsuf).
3.AI-Kindi (805‒873 M)
  1.  Nama lengkap :  Yakub bin Ishak AI-Kindi, 
  2. Lahir di Kufah pada tahun 805 M dan wafat di Bagdad pada tahun 873 M. 
  3. Hasil karyanya di bidang-bidang filsafat, logika, astronomi, kedokteran, ilmu jiwa, politik, musik, dan matematika. 
  4. Beliau berpendapat, bahwa filsafat tidak bertentangan dengan agama lantaran sama-sama membicarakan perihal kebenaran. 
  5. Beliau juga merupakan satu-satunya filosof Islam dari Arab. Ia disebut Failasuf al-Arab (filosof orang Arab).
4.AI-Farabi (872‒950 M)
  1. Nama lengkap :  Abu Nashr Muhammad Ibnu Tarkhan Ibnu Uzlag AI-Farabi, 
  2. Lahir di Farabi Transoxania pada tahun 872 M dan wafat di Damsyik pada tahun 950 M. 
  3. Al-Farabi menekuni banyak sekali bidang ilmu pengetahuan, antara lain: logika, musik, kemiliteran, metafisika, ilmu alam, teologi, dan astronomi. 
  4. Karya ilmiahnya yang populer berjudul Ar- Royu Ahlul al-Madinah wa aI-Fadilah (pemikiran perihal penduduk negara utama).
5.Ibnu Sina (980‒1037 M)
  1. Nama lengkap: Abu Ali AI-Husein Ibnu Abdullah Ibnu Sina, 
  2. Lahir di Desa Afsyana erat Bukhara, wafat dan dimakamkan di Hamazan. 
  3. Beliau mencar ilmu bahasa Arab, geometri, fisika, logika, ilmu aturan Islam, teologi Islam, dan ilmu kedokteran. 
  4. Pada usia 17 tahun, ia telah populer dan dipanggil untuk mengobati Pangeran Samani, Nuh bin Mansyur. 
  5. Beliau menulis lebih dari 200 buku dan di antara karyanya yang populer berjudul Al-Qanūn Fi aṭ-Ṭib, yaitu ensiklopedi perihal ilmu kedokteran dan Al-Syifā, ensiklopedi perihal filsafat dan ilmu pengetahuan.

Aktivitas Siswa:
1. Cari data perihal tokoh-tokoh penemu dalam bidang ilmu fisika dan matematika!
2. Jelaskan secara spesifik penemuannya itu yang sanggup dimanfaatkan hingga dikala ini!

1. Ibnu Al Haitham
Haytham telah menjadi seo­rang yang mahir dalam bidang sains, falak, mate­matika, geometri, pengobatan, dan falsafah. Tulisannya mengenai cara kerja mata manusia, telah menjadi salah satu Referensi yang penting dalam bidang kajian sains di Barat. Teorinya mengenai pengobatan mata masih dipakai hingga dikala ini diberbagai Universitas di seluruh dunia.

Ibnu Haitham merupakan ilmuwan yang gemar melaksanakan penyelidikan. Penyelidikannya mengenai cahaya telah menawarkan inspirasi kepada andal sains barat menyerupai Boger, Bacon, dan Kepler mencipta mikroskop serta teleskop. Ia merupakan orang pertama yang menulis dan menemukan banyak sekali data penting mengenai cahaya.

2.Al-Karaji
Sejarawan sains modern memandang al-Karaji sebagai andal matematika berkaliber tertinggi. Karyanya yang awet pada bidang matematika masih diakui hingga hari ini, yakni mengenai kanonik tabel koefisien binomium (dalam pembentukan aturan dan perluasan bentuk).

Al-Karaji dianggap sebagai andal matematika terkemuka dan pandang sebagai orang pertama yang membebaskan aljabar dari operasi geometris yang merupakan produk aritmatika Yunani dan menggantinya dengan jenis operasi yang merupakan inti dari aljabar pada dikala ini. Al-Karaji sebagai andal matematika pertama di dunia yang memperkenalkan teori aljabar kalkulus

Al-Karaji menginvestigasikan koefisien binomium segitiga Pascal. Dia juga yang pertama memakai metode pembuktian dengan induksi matematika untuk menunjukan hasilnya, ia berhasil menunjukan kebenaran rumus jumlah integral kubus, yang sangat penting kesudahannya dalam integral kalkulus.

3. Al-Biruni
Al-Biruni yaitu peletak dasar-dasar trigonometri modern. Dia seorang filsuf, andal geografi, astronom, andal fisika, dan pakar matematika. Enam ratus tahun sebelum Galgeo, Al-Biruni telah membahas teori-teori perputaran (rotasi) bumi pada porosnya.

Al-Biruni juga memperkenalkan pengukuran-pengujuran geodesi dan memilih keliling bumi dengan cara yeng lebih akurat. Dengan proteksi matematika, dia sanggup memilih arah kiblat dari banyak sekali macam daerah di dunia.

C. Menerapkan Perilaku Mulia
Perilaku mulia yang perlu dilestarikan oleh umat Islam kini yaitu menyerupai berikut.
Dalam memahami islam ada beberapa pendekatan yang dipakai Masa Kejayaan Islam yang Dinantikan Kembali
  1. Menuntut ilmu seluas mungkin biar mengetahui informasi-informasi yang berkembang baik yang sudah lampau maupun yang akan datang. Hal ini sanggup diperoleh dengan terus-menerus menuntut ilmu.
  2. Mempelajari bahasa-bahasa absurd dan menerjemahkan buku-buku berbahasa asing.
  3. Melakukan penelitian perihal banyak sekali macam permasalahan yang ada di lingkungan kita. Karena dengan meneliti, permasalahan sanggup diketahui penyebab dan penyelesaiannya.
  4. Memberikan pengetahuan yang dimiliki kepada orang lain yang belum mengetahui.
  5. Kreatif dan tekun dalam menggali ilmu pengetahuan biar mengetahui apa yang tersembunyi dan menghasilkan apa yang diinginkan.

No comments:

Post a Comment