Monday, November 18, 2019

Pintar Pelajaran Teladan Soal Un Sma Sosiologi Tahun 2007, Kunci Jawaban, Dan Pembahasan

Berikut ini yaitu contoh soal un (ujian nasional) sma sosiologi tahun 2007, kunci jawaban, dan pembahasan :

1. Adanya duduk kasus sosial yaitu yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri, perjuangan yang dilakukan orang untuk menjalani duduk kasus sosial yaitu ........

A. Bersama-sama bergotong royong meminta sumbangan
B. Memberikan sekolah gratis untuk rakyat miskin
C. Memberikan evaluasi yang mendalam terhadap tanda-tanda sosial
D. Mengadakan kuis berhadiah untuk rakyat miskin
E. Mengadakan pasar sembako moral satu bulan sekali

Jawaban : C

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Masalah sosial yaitu problema-problema yang dihadapi dengan memperhatikan gejala-gejala sosial yang terjadi di dalam kehidupan insan yang harus kita nilai dalam kehidupannya. Usaha yang di lakukan orang untuk menjalani duduk kasus sosialnya yaitu dengan memperlihatkan evaluasi terhadap tanda-tanda sosial.

2. Sosiologi sanggup disebut sebagai metode, lantaran sosiologi sanggup memperlihatkan kita cara kerja yang sistematis dalam melaksanakan suatu penelitian sosial maupun pemecahan duduk kasus sosial sehingga kita sanggup mencapai tujuan yang kita tentukan dan harapkan. Dari pernyataan tersebut metode sosiologi yang cocok dalam ungkapan Realitas sosial adalah........

A. Metode empiris rasional
B. Metode indukatif dan dedukatif
C. Metode studi kasus
D. Metode survai lapangan
E. Metode partisipasi

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Sosiologi sanggup disebut sebagai metode, lantaran sosiologi sanggup memperlihatkan kita cara kerja yang sistematis dalam melaksanakan suatu penelitian sosial maupun pemecahan duduk kasus sosial sehingga kita sanggup mencapai tujuan yang kita tentukan dan harapkan. Dari pernyataan tersebut metode sosiologi yang cocok dalam ungkapan realitas sosial yaitu metode empiris rasional.

3. Setiap insan di dalam hidup bermasyarakat melaksanakan tindakan. Mereka melaksanakan tindakan guna memenuhi banyak sekali kebutuhan hidup. Dalam hubungannya hal tersebut di atas, berdasarkan Max Weber terdapat empat tipe tindakan sosial kecuali ........

A. Tindakan rasional instrumen
B. Tindakan rasional berorientasi nilai
C. Tindakan tradisional
D. Tindakan rasional berorientasi norma
E. Tindakan efektif

Jawaban : D

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Tindakan sosial yaitu prilaku yang ditampilkan oleh individu dalam memperhitungkan keberadaan orang lain.

Tipe tindakan sosial berdasarkan Max Weber yaitu :

- Tindakan rasional instrumen
- Tindakan rasional berorientasi nilai
- Tindakan tradisional
- Tindakan efektif

Kaprikornus yang bukan tipe tindakan sosial berdasarkan Max Weber yaitu tindakan rasional berorientasi norma.

4. Nilai mempunyai fungsi atau sebagai penentu yang mengarahkan sikap dan tindakan seseorang dalam proses interaksi sosial. Pernyataan di bawah ini merupakan peranan nilai dalam proses interaksi sosial kecuali ........

A. Pembentukan cara berpikir dan berperilaku secara ideal dalam masyarakat
B. Menetapkan harga sosial pribadi dan kelompok
C. Pembentukan cara berpikir dan berperilaku secara ideal dalam masyarakat
D. Nilai sebagai alat solidaritas di kalangan anggota kelompok dalam masyarakat
E. Memaksa individu untuk mengikuti keadaan dengan norma yang berlaku

Jawaban : E

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Peranan nilai dalam proses interaksi sosial yaitu :

- Pembentukan cara berpikir dan berperilaku secara ideal dalam masyarakat
- Menetapkan harga sosial pribadi dan kelompok
- Membentuk cara berpikir dan berperilaku secara ideal dalam masyarakat
- Nilai sebagai alat solidaritas di kalangan anggota kelompok dalam masyarakat.

5. Setiap insan atau masyarakat selalu mendambakan ketenteraman dalam hidupnya. Ketenteraman sanggup terjadi apabila hubungan-hubungan sosial diantara anggota masyarakat berlangsung secara teratur sesuai nilai dan norma. Dalam kaitan dengan pernyataan tersebut di atas manakah yang bukan termasuk unsur-unsur yang membuat keteraturan yaitu ........

A. Tertib sosial
B. Order
C. Norma sosial
D. Keajegan
E. Pola

Jawaban : C

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Norma sosial yaitu aturan-aturan yang mengatur individu tersirat maupun tersurat untuk membuat tertib sosial di dalam masyarakat. 

Unsur-unsur yang membuat keteraturan yaitu tertib sosial, order (sistem atau tatanan norma), keajegan (kondisi keteraturan tetap), dan pola (bentuk umum suatu interaksi sosial).

6. Interaksi sosial hanya akan berlangsung apabila agresi dan reaksi pertama diikuti dengan agresi dan reaksi berikutnya, begitu pula biar proses interaksi berlangsung dengan baik terdapat syarat-syarat dalam interaksi sosial sebagai berikut ........

A. Komunikasi dan reaksi
B. Kontak sosial dan komunikasi
C. Komunikasi dan respon
D. Stimulus dan respon
E. Kontak sosial dan stimulus

Jawaban : B

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Interaksi sosial yaitu korelasi timbal balik yang saling mempengaruhi baik secara individu maupun kelompok. Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial yaitu kontak sosial dan komunikasi.

7. Perhatikan contoh-contoh berikut!

1. Guru selalu menasehati murid-muridnya biar selalu hidup disiplin, tertib, dan taqwa
2. Gaya hidup dan sikap Andi berubah ke barat-baratan semenjak melihat tayangan televisi
3. Bapak kepada sekolah memperlihatkan pendidikan adat dan moral pada para siswa setiap hari senin 
4. Kakak mengajak adik berbicara dan cara makan yang benar 

Dari pernyataan di atas yang merupakan rujukan media sosialisasi sekolah yaitu nomor........

A. 1 dan 3
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 1 dan 4
E. 1 dan 2

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Media sosialisasi yaitu mediator individu untuk mengenal nilai dan norma yang ada di dalam masyarakat. Sebagai media sosialisasi sekolah yaitu guru dan bapak kepala sekolah :

- Guru selalu menasehati murid-muridnya biar selalu hidup disiplin, tertib, dan taqwa
- Bapak kepada sekolah memperlihatkan pendidikan adat dan moral pada para siswa setiap
   hari senin

8. Seorang sampaumur melaksanakan perbuatan yang melanggar nilai dan norma berlaku di masyarakat. Hal ini dipandang dari sudut sosiologis disebabkan oleh ........

A. Gen yang ada dalam dirinya
B. Struktur badan yang tinggi.
C. Pola makan yang diberikan semenjak kecil
D. Labeling dan sosialisasi yang tidak sempurna
E. Anomie dan nilai yang berlaku

Jawaban : D

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Seorang sampaumur yang melaksanakan perbuatan melanggar nilai dan norma yang berlaku di masyarakat disebabkan oleh labeling dan sosialisasi yang tidak tepat yaitu media massa menyajikan isu yang menggambarkan sisi kehidupan yang berbeda dan bertentangan dengan yang diajarkan di dalam kalangan atau sekolah yang mengakibatkan proses sosialisasi yang tidak sempurna.

9. Menurut kodratnya insan yaitu makhluk sosial yang dilahirkan untuk berafiliasi dengan sesama. Dalam hubungannya dengan pernyataan tersebut di atas yang bukan merupakan proses sosial yaitu ........

A. Seseorang mencar ilmu menghayati banyak sekali macam nilai, norma, sikap, pola-pola sikap dalam masyarakat
B. Seseorang menjadi tahu memahami banyak sekali macam sikap yang harus ia lakukan
C. Melalui proses sosialisasi seluruh sistem nilai budaya yang menjadi pedoman hidup sanggup diwariskan dan diteruskan dari generasi ke generasi dengan perubahan
D. Tanpa mengalami proses sosialisasi mustahil seorang individu akan sanggup hidup secara normal
E. Melalui proses sosialisasi seseorang memahami banyak sekali macam sikap yang harus ia lakukan di lingkungan masyarakat

Jawaban : D

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Makhluk sosial yaitu makhluk yang saling bergantung satu sama lain. Tanpa mengalami proses sosialisasi mustahil seorang individu akan sanggup hidup secara normal.

10.  Secara khusus fungsi pengendalian sosial yaitu sebagai berikut kecuali ........

A. Meyakinkan masyarakat perihal kebaikan norma
B. Pendidikan berfungsi untuk mencerdaskan bangsa
C. Bercerita perihal tokoh-tokoh yang mempunyai nilai terpuji
D. Orang bau tanah membuat rujukan teladan bagi anaknya
E. Seorang pemimpin memberi rujukan terhadap para bawahannya

Jawaban : C

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Pengendalian sosial yaitu seluruh imbas kekuatan-kekuatan masyarakat yang menjaga terbinanya pola-pola kelakuan dan norma-norma sosial. Fungsi pengendalian sosial yaitu mencegah dan mengatasi perilaku, mengampang rujukan pendidikan, orang bau tanah sebagai teladan anaknya. Perilaku pemimpin memberi rujukan yang baik terhadap bawahannya.

11. Struktur sosial yaitu suatu rangkaian kompleks dari relasi-relasi sosial yang berwujud dalam suatu masyarakat. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ........

A. Koentjara Ningrat
B. Robert. H. Laurar
C. Soejono Soekanto
D. Selo Sumardjan
E. Merton

Jawaban : B

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Menurut Robert. H. Laurar struktur sosial yaitu suatu rangkaian kompleks dari relasi-relasi sosial yang berwujud dalam suatu masyarakat.

12. Golongan sosial yang dibedakan dari golongan lainnya lantaran mempunyai ciri yang fundamental dan umumnya berkaitan dengan asal-usul, tempat asal, dan kebudayaan dinamakan ........

A. Suku bangsa
B. Warga
C. Rakyat
D. Warga negara
E. Masyarakat

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Suku bangsa yaitu kelompok orang yang mendiami suatu wilayah dan asal-usul budaya yang sama.

13.  Struktur sosial antara agama dan suku bangsa sanggup terjadi apabila ........

A. Unsur agama dan suku bangsa menjadi pemersatu masyarakat majemuk
B. Kelompok sosial yang berbeda agama dan juga berbeda suku bangsa
C. Komunikasi umat beragama mempunyai kesetiaan terhadap suku bangsa
D. Umat yang berbeda agama berasal dari suku bangsa yang sama
E. Masyarakat mempunyai kesadaran agama dan kesetiaan terhadap suku bangsa

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Struktur interaksi yaitu tatanan yang terdapat dalam masyarakat. Misalnya dalam struktur interaksi antara agama dan suku bangsa sanggup terjadi apabila unsur agama dan suku bangsa menjadi pemersatu masyarakat majemuk.

14. Seorang hakim harus mengadili dan menjatuhkan vonis terhadap anak kandungnya dalam kasus pembunuhan, disatu sisi harus berperan sebagai hakim yang menjunjung tinggi supremasi hukum, disisi lain harus berperan sebagai ayah yang melindungi anggota keluarganya. 
Dari uraian di atas merupakan rujukan bentuk konflik ........

A. Konflik internal
B. Konflik afektif
C. Konflik pribadi
D. Konflik status
E. Konflik peranan

Jawaban : E

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Konflik artinya kontradiksi yang sanggup terjadi secara perorangan ataupun secara kelompok. Pada rujukan soal ini seorang hakim memberi eksekusi kepada anaknya sendiri (terdakwa) dan di satu sisi sebagai orang bau tanah yang harus melindungi anaknya merupakan konflik peranan yang sangat bertentangan.

15. Sikap primordialisme dalam masyarakat beragam sanggup mengakibatkan pertikaian, lantaran sikap kelompok masyarakat ........

A. Mengukur sesuatu dengan parameter sendiri
B. Menghendaki kemenangan dipihaknya
C. Tidak mengindahkan kepentingan orang lain
D. Berlomba menjadi paling dominan
E. Tidak menghendaki perubahan sosial

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Primordialisme yaitu sikap yang menganggap budaya dan suku bangsa sendiri yang lebih baik daripada yang lain. Misalnya sikap kelompok masyarakat yang mengukur sesuatu dengan parameter sendiri.

16. Fungsi interaksi dalam integrasi nasional sangat besar. Hal ini terjadi lantaran dalam interaksi terdapat ........

A. Solidaritas gres yang bisa mengurangi perbedaan sehingga tidak mengakibatkan konflik
B. Keanggotaan gres yang identik dengan loyaltas tunggal
C. Konsolidasi keanggotaan berdasarkan parameter tertentu
D. Kesamaan keanggotaan yang sanggup menghilangkan konflik antar kelompok
E. Kemajemukan yang mempunyai latar budaya beragam

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Fungsi interaksi dalam integrasi nasional yaitu pemersatu yang sanggup membuat solidaritas gres yang bisa mengurangi perbedaan. Contoh sekolah yang mendidik siswa tanpa melihat latar belakang yang berbeda.

17. Hidup berdampingan dan saling menolong dengan anggota masyarakat lain walaupun ras, etnis, agama/kepercayaan, dan golongannya berbeda-beda. 

Dalam uraian tersebut merupakan rujukan integrasi sosial yang didasari ........

A. Pengakuan kebhinekaan
B. Pembinaan kesadaran
C. Pelaksanaan asas keadilan sosial dan subsidiaritas
D. Perasaan saling memiliki
E. Pembinaan kesadaran

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Integrasi sosial yaitu proses pernyataan diantara unsur-unsur yang saling berbeda contohnya perbedaan agama, suku, ras, budaya, kepercayaan. Contoh integrasi sosial didasari oleh legalisasi kebhinekaan.

18. Pemikiran pokok dari insan yaitu bahwa kebudayaan harus dikembangkan sedemikian rupa sehingga menguatkan manusia. Kebudayaan diarahkan pada penyempurnaan pribadi insan yang utuh, pada kepentingan masyarakat dan seluruh umat manusia. 

Dari uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa kebudayaan sanggup dikembangkan oleh ........ insan berupa karya untuk memenuhi kebutuhan hidup insan yang menghasilkan.

A. Puisi
B. Ilmu pengetahuan
C. Estetika
D. Teknologi
E. Nilai dan norma

Jawaban : B

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Kebudayaan merupakan hasil karya cipta cipta insan yang berkembang atau sanggup dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan insan menyerupai ilmu pengetahuan.

19.  Di antara tiga wujud kebudayaan berdasarkan Koentjara Ningrat, yang sifatnya absurd dan berada di alam pikiran insan yaitu ........

A. Artefak
B. Kebudayaan kebendaan
C. Sistem sosial
D. Sistem tindakan berpola
E. Ide atau gagasan

Jawaban : E

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Kebudayaan berdasarkan Koentjara Ningrat dibagi 3 wujud yaitu cipta, karsa, rasa yang bersifat absurd dan berada di alam pikiran insan yaitu inspirasi atau gagasan.

20. Prakarsa selalu berawalan dari insan yang berilmu budi dan berkemauan bebas, ini berarti insan ........

A. Mampu mengatasi alam raya
B. Diperbudak alam raya
C. Dibekali alat bawaan untuk mempertahankan diri
D. Tidak bisa membuatkan alam raya
E. Alam raya mengatasi manusia

Jawaban : C

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Prakarsa merupakan inisiatif insan yang timbul dalam mempertahankan kehidupannya yang dibekali alat bawaan menyerupai pikiran.

21. Hubungan antara insan dengan lingkungannya bersifat khas, ini berarti korelasi mereka dengan alam ........

A. Alam lebih mengatasi manusia
B. Disadarinya dan harus dikembangkan sendiri secara bebas
C. Secara menyeluruh dikuasai oleh aturan alam
D. Tidak terelakkan dan tidak terubahkan
E. Telah dilengkapkan dengan sarana biologis yang diharapkan untuk berkembang

Jawaban : E

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Hubungan antara insan dengan lingkungannya bersifat khas, ini berarti korelasi mereka dengan alam telah dilengkapkan dengan sarana biologis yang diharapkan untuk berkembang.

22.  Masyarakat multikultura atau masyarakat beragam sanggup diartikan sebagai masyarakat .......

A. Terdiri atas kelompok atau golongan yang hidup sendiri-sendiri
B. Ditandai oleh perbedaan antara lapisan sosial
C. Memiliki keunikan ciri
D. Tinggal menetap pada tempat yang terpisah
E. Penduduknya berjumlah besar

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Masyarakat multikultura yaitu masyarakat yang terdiri dari bermacam-macam (heterogen) ras, suku bangsa, agama itu sama artinya dengan masyarakat yang terdiri atas kelompok atau golongan.

23. Masalah-masalah yang timbul dari keanekaragaman masyarakat di Indonesia di antaranya ........

A. Konflik dan asimilasi
B. Akulturasi dan stratifikasi sosial
C. Kesenjangan multidimensional dan konflik antar suku
D. Diferensiasi sosial dan asimilasi
E. Diferensiasi dan stratifikasi sosial

Jawaban : C

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Dampak keanekaragaman masyarakat Indonesia yang negatif sanggup menimbulkan masalah-masalah sosial yang bermacam-macam baik mata pencaharian, pendidikan diantaranya kesenjangan multidimensional contohnya perbedaan yang mencolok antara kaya dan miskin serta konflik antar suku.

24. Pengaruh kemajemukan masyarakat Indonesia menyerupai ras, agama, bahasa, etnis sanggup menimbulkan konflik apabila tidak terdapat ........

A. Asimilasi
B. Asimilasi dan koordinasi
C. Kerjasama dan rehabilitasi
D. Interaksi dan konsolidasi
E. Akomodasi dan koordinasi

Jawaban : E

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Selain memperkaya kebudayaan, kemajemukan masyarakat Indonesia sanggup juga menimbulkan konflik apabila hal ini tidak dirangkul/diakomodasi serta dikoordiasikan keseluruh masyarakat.

25. Adanya perbedaan prinsip, pola pikir dan kelompok-kelompok sosial yang ada dalam masyarakat akan menimbulkan ........

A. Revolusi
B. Dekadensi
C. Disintegrasi
D. Demoralisasi
E. Rasionalisasi

Jawaban : C

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Perbedaan prinsip, pola pikir dan kelompok-kelompok sosial yang ada dalam masyarakat akan menimbulkan tidak terjadinya penyatuan yang disebut disintegrasi.

26. Contoh mobilitas sosial vertikal turun yaitu ........

A. Dikeluarkannya UU kepailitan perusahaan
B. Anggota MPR diganti antar waktu
C. Pengucilan seseorang oleh masyarakat
D. Kenaikan harga kebutuhan pokok
E. Penciutan dana suatu proyek

Jawaban : B

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Mobilitas sosial artinya perpindahan status sosial dari strata yang satu ke strata yang lain baik vertikal dan horizontal. Contoh mobilitas sosial vertikal turun yaitu penggantian MPR antar waktu.

27. Mobilitas sosial yaitu perpindahan posisi dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain atau dari satu dimensi ke dimensi lainnya. Pendapat pengertian mobilitas di atas dikemukakan oleh ........

A. Robert M.B. Lawang
B. Kim ball Young
C. Horton dan Hunt
D. Soerjono Soekanto
E. Raymond. W. Maek

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Mobilitas sosial yaitu perpindahan posisi dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain atau dari satu dimensi ke dimensi yang lainnya. Pendapat ini dikemukakan oleh Robert M. B. Lawang.

28. Mobilitas sosial tidak begitu saja terjadi pada seseorang atau pada kelompok orang, tetapi ada beberapa penyebab yang mendorong mereka mengalami mobilitas sosial. Dari uraian tersebut di atas yang termasuk faktor pendorong mobilitas geografi yang berafiliasi dengan kemampuan daya dukung suatu daerah, yaitu ........

A. Terjadinya pemutusan korelasi kerja
B. Kerusuhan yang bersifat sosial
C. Masyarakat yang heterogen
D. Meningkatkan populasi penduduk
E. Kenaikan harga kebutuhan pokok

Jawaban : D

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Faktor pendorong mobilitas geografi yang berafiliasi dengan kemampuan daya dukung suatu tempat mengakibatkan penduduk dari suatu tempat pindah ke tempat yang lain atau meningkatnya populasi penduduk.

29. Seseorang yang kehilangan pekerjaannya merupakan rujukan dari ........

A. Social elevator
B. Social circulation
C. Social gap
D. Sosial climbing
E. Sosial sinking

Jawaban : E

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Seseorang yang kehilangan pekerjaannya merupakan rujukan dari sosial sinking yaitu mobilitas sosial pergerakan sosial yang ke bawah atau menurun lantaran terjadi pemutusan korelasi kerja (PHK).

30. Tidak ada alasannya yaitu tanpa akibat, demikian pula halnya dengan mobilitas sosial. Mobilitas sosial dalam masyarakat merupakan cuilan dari dinamika kehidupan masyarakat yang mempunyai alasannya yaitu dan tentu juga mempunyai akibat.

Dari uraian di atas yang bukan merupakan dampak mobilitas sosial yaitu ........

A. Konflik antar kelas
B. Konflik antar kelompok
C. Konflik antar suku bangsa
D. Konflik antar generasi
E. Penyesuaian kembali

Jawaban : C

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Setiap terjadinya mobilitas sosial akan ada dampaknya baik yang positif maupun negatif. Yang bukan merupakan dampak mobilitas sosial yaitu konflik antar suku bangsa.

31. Banyak kalangan artis yang menikah dengan orang luar negeri, kemudian berpindah kewarganegaraan.
Dalam uraian tersebut merupakan rujukan bentuk mobilitas ........
A. Vertikal
B. Horizontal
C. Inter generasi
D. Antar generasi
E. Geogrif

Jawaban : B

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Pernikahan antar warga negara dengan warga negara absurd merupakan bentuk mobilitas horizontal lantaran perpindahan status sosial yang setara.

32. Sosial elevator merupakan kanal faktual dari mobilitas sosial vertikal, yaitu sarana yang memungkinkan seseorang bergerak dari kedudukan yang paling rendah ke dalam kedudukan-kedudukan yang paling tinggi dalam masyarakat.

Dari uraian di atas yang termasuk kanal mobilitas sosial elevator yaitu ........

A. Lembaga pendidikan
B. Lembaga keagamaan
C. Organisasi politik
D. Organisasi ekonomi
E. Organisasi keahlian

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Sarana terjadinya mobilitas sosial elevator yang sanggup mengubah kedudukan dari yang rendah ke kedudukan yang tinggi dalam masyarakat yaitu melalui forum pendidikan contohnya anak petani menjadi presiden.

33. Perhatikan beberapa tanda-tanda sosial berikut!

1. Primordialisme dalam masyarakat meningkat
2. Sanksi-sanksi terhadap pelanggaran tidak dilaksanakan
3. Setiap primordialisme mempunyai aliran sendiri
4. Tindakan masyarakat tidak sesuai dengan norma yang berlaku

Yang termasuk tanda-tanda yang sanggup menimbulkan disintegrasi sosial dengan duduk kasus aturan yaitu ........

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

Jawaban : D

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Yang termasuk tanda-tanda yang sanggup menimbulkan disintegrasi sosial (tidak terjadi pengaturan) dengan duduk kasus aturan adalah:

- Sanksi-sanksi terhadap pelanggaran tidak dilaksanakan
- Tindakan masyarakat tidak sesuai dengan norma yang berlaku lantaran perbuatan tersebut tidak dijalankannya ketentuan aturan yang berlaku.

34. Di dalam masyarakat yang merupakan kumpulan manusia, tentu akan mengalami perubahan lantaran adanya dinamika sosial di dalamnya yang mengambarkan adanya kehidupan. Perubahan itu ada yang membawa kemajuan dan ada yang membawa kemunduran bagi masyarakat.

Dari uraian di atas yang merupakan rujukan dari perubahan yang membawa kemunduran yaitu ........

A. Listrik masuk desa menambah motivasi mencar ilmu siswa
B. Menambah jumlah kincir di pedesaan
C. Memacu untuk membeli barang elektronik
D. Menambah pengeluaran anggaran rumah tangga
E. Memacu penyalahgunaan obat terlarang

Jawaban : E

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Di dalam masyarakat yang dinamis mengalami perubahan, baik perubahan kemajuan maupun kemunduran. Contoh: Perubahan kemunduran yaitu kemunduran moral, tindakan kekerasan, kebrutalan, narkoba, HIV.

35. Derasnya informasi dan komunikasi di kurun globalisasi sanggup mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia. 

Dari uraian di atas yang merupakan imbas informasi dan komunikasi di kurun globalisasi yaitu ........

A. Feodalis ke absolutisme
B. Ideal ke individual
C. Gotong royong cenderung bersifat individualisme
D. Terasing dan tidak mau membuka prasarana transportasi
E. Tradisional dan sulit menolak kebudayaan baru

Jawaban : C

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Era globalisasi merupakan masa perubahan jawaban kemajuan teknologi dan komunikasi secara mendalam yang mempengaruhi unsur-unsur budaya manusia.

Contohnya cara berpikir kritis, sistematis, realitas, menghargai waktu, individualistis.

36. Dalam proses pelaksanaan perubahan sosial terdapat banyak faktor yang mempengaruhi, baik yang bersifat mendorong terjadinya proses perubahan tersebut maupun faktor yang menghambat perubahan.

Dari uraian di atas yang merupakan faktor pendorong perubahan sosial kecuali ........

A. Kontak dengan kebudayaan lain
B. Adanya kepentingan yang tertanam dengan kuat
C. Sistem pendidikan formal yang maju
D. Sikap menghargai hasil orang lain dan cita-cita untuk maju
E. Penduduk yang heterogen

Jawaban : B

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Perubahan sosial yaitu perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat dari tradisional ke masyarakat modern. Yang bukan termasuk faktor pendorong perubahan sosial yaitu adanya kepentingan yang tertanam dengan kuat.

37. Perhatikan ciri-ciri perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat berikut!

1. Perubahan yang terjadi pada suatu forum kemasyarakatan dan diikuti oleh perubahan forum lainnya.
2. Perubahan sosial yang cepat biasanya menimbulkan disorganisasi yang bersifat sementara lantaran berada dalam proses pembiasaan diri.
3. Perubahan sosial terjadi dalam bidang material dan inmaterial lantaran keduanya mempunyai korelasi timbal balik.
4. Perubahan sosial terjadi secara cepat.
5. Perubahan sosial terjadi secara lambat. 

Yang termasuk ciri-ciri perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat ........

A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 2 dan 5
D. 1, 3 dan 4
E. 1, 4 dan 5

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Ciri-ciri perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat:

1. Perubahan yang terjadi pada suatu forum kemasyarakatan dan diikuti oleh perubahan forum lainnya.
2. Perubahan sosial yang cepat biasanya menimbulkan disorganisasi yang bersifat sementara lantaran berada dalam proses pembiasaan diri.
3. Perubahan sosial terjadi dalam bidang material dan inmaterial lantaran keduanya mempunyai korelasi timbal balik.
4. Perubahan terjadi secara terus menerus.
5. Setiap masyarakat mengalami perubahan baik lambat atau cepat.

38. Modernisasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat kemajuan di bidang ekonomi yaitu ........

A. Penyediaan lapangan pekerjaan dan pendidikan
B. Penyediaan barang kebutuhan pokok pada masyarakat
C. Membebaskan warga dari ketergantungan orang lain
D. Mekanisme panca perjuangan tani di pedesaan
E. Mekanisme dan komputerisasi di banyak sekali sektor

Jawaban : D

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Modernisasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat kemajuan di bidang ekonomi yaitu prosedur pancausaha tani di pedesaan.

39.   Secara khusus fungsi pengendalian sosial yaitu sebagai berikut kecuali ........

A. Meyakinkan masyarakat perihal kebaikan norma
B. Pendidikan berfungsi untuk mencerdaskan bangsa
C. Bercerita perihal tokoh-tokoh yang mempunyai nilai terpuji
D. Orang bau tanah membuat rujukan teladan bagi anaknya
E. Seorang pemimpin memberi rujukan terhadap para bawahannya

Jawaban : C

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Fungsi pengendalian sosial yaitu mencegah dan mengatasi sikap yang menyimpang dari aturan-aturan yang berlaku di dalam masyarakat contohnya guru memberi contoh-contoh yang baik, orang bau tanah menjadi teladan bagi anaknya, siswa berdisiplin, pemimpin jadi panutan bawahannya.

40. Perhatikan ciri-ciri masyarakat modern berikut!

1. Hubungan yang terjadi antar insan lebih didasarkan atas kepentingan-kepentingan pribadi.
2. Adanya tingkat pendidikan formal yang relatif tinggi dan merata.
3. Hukum yang diberlakukan merupakan aturan yang tidak tertulis.
4. Sistem ekonomi yang dikembangkan merupakan sistem ekonomi pasar.
5. Hubungan dengan masyarakat-masyarakat lain dilakukan secara terbuka dalam suasana saling mempengaruhi. 

Yang termasuk ciri-ciri masyarakat modern yaitu ........

A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 2 dan 5
D. 1, 2 dan 4
E. 1, 4 dan 5

Jawaban : C

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Ciri-ciri masyarakat modern adalah:

   1. Berpikir rasional
   2. Terbuka terhadap kritik dan saran/hubungan dengan masyarakat terbuka
   3. Tingkat spesialisasi tinggi/tingkat pendidikan formal relatif tinggi
   4. Kontrol sosial bersifat formal
   5. Mobilitas sosialnya bersifat dinamis
   6. Teknologi tinggi
   7. Hubungan antar insan didasarkan atas kepentingan pribadi

41. Langkah pertama yang harus ditempuh seorang penelitian yaitu ........

A. Membuat rancangan penelitian
B. Menentukan topik penelitian
C. Pendekatan eksperimen
D. Menyusun kerangka tujuan
E. Menyusun alat pengumpulan data

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Penelitian yaitu suatu perjuangan untuk menemukan, membuatkan dan menguji keberanian suatu pengetahuan yang dilakukan dengan memakai metode ilmiah dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut:

- Membuat rancangan penelitian 
- Mengumpulkan data
- Menganalisis atau mengolah data
- Melaporkan hasil penelitian

42. Perhatikan tabel berikut! 
 Adanya duduk kasus sosial yaitu yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri Pintar Pelajaran Contoh Soal UN Sekolah Menengan Atas Sosiologi Tahun 2007, Kunci Jawaban, dan Pembahasan
Nilai modus dari tabel di atas yaitu ........

A. 31,167
B. 31,212
C. 32,32
D. 32
E. 35,12

Jawaban : E

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Daftar dalam tabel dibalik.
 Adanya duduk kasus sosial yaitu yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri Pintar Pelajaran Contoh Soal UN Sekolah Menengan Atas Sosiologi Tahun 2007, Kunci Jawaban, dan Pembahasan

 Adanya duduk kasus sosial yaitu yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri Pintar Pelajaran Contoh Soal UN Sekolah Menengan Atas Sosiologi Tahun 2007, Kunci Jawaban, dan Pembahasan
43. Perhatikan topik penelitian yang baik berikut!

1. Akurat dan menarik
2. Mampu untuk dilaksanakan
3. Singkat, terang dan tidak terlalu luas
4. Bahan simpel diperoleh
5. Mencakup semua topik kehidupan

Yang termasuk topik penelitian yang baik yaitu ........

A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 2 dan 5
D. 1, 3 dan 4
E. 1, 4 dan 5

Jawaban : D

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Topik penelitian merupakan pokok permasalahan dari suatu penelitian. 

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih topik penelitian adalah:

- Masalah yang diteliti harus menarik minat peneliti 
- Bahan simpel diperoleh
- Akurat dan menarik
- Singkat terang dan tidak terlalu luas

44. Perhatikan manfaat studi kepustakaan berikut!

1. Untuk mengetahui hasil penelitian orang lain dalam bidang penyelidikan kita, sehingga sanggup memanfaatkan karirnya untuk mendukung penelitian kita.
2. Untuk dijadikan materi perbandingan penelitian sebelumnya.
3. Untuk mengetahui data yang diperlukan.
4. Untuk mengetahui apakah topik penelitian yang telah kita pilih itu diselidiki oleh orang lain sebelumnya sehingga pekerjaan kita tidak merupakan duplikasi.
5. Untuk memperoleh bahan-bahan yang mempertajam atau membenarkan orientasi dan dasar teoritis perihal topik atau duduk kasus penelitian.

Yang termasuk manfaat studi kepustakaan yaitu ........

A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 2 dan 5
D. 1, 3 dan 4
E. 1, 4 dan 5

Jawaban : E

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Yang termasuk manfaat studi kepustakaan yaitu:

1. Untuk mengetahui apakah topik penelitian yang telah kita pilih itu diselidiki oleh orang lain sebelumnya sehingga pekerjaan kita tidak merupakan duplikasi.
2. Untuk memperoleh bahan-bahan yang mempertajam atau membenarkan orientasi dan dasar teoritis perihal topik atau duduk kasus penelitian.
3. Untuk mengetahui hasil penelitian orang lain dalam bidang penyelidikan kita, sehingga sanggup memanfaatkan karirnya untuk mendukung penelitian kita.

45. Penulisan laporan penelitian secara umum dibagi menjadi 3 bagian, yaitu ........

A. Pendahuluan, isi, penutup
B. Bagian awal, cuilan inti dan penutup
C. Bagian awal, cuilan isi, cuilan akhir
D. Pendahuluan, cuilan isi dan cuilan akhir
E. Pengantar, inti atau isi, dan cuilan akhir

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Secara umum garis besar laporan penelitian sanggup dibagi dalam tiga cuilan yaitu:

1. cuilan pendahuluan
2. cuilan isi
3. cuilan penutup

46. Di bawah ini merupakan laba metode sampling sistematis kecuali ........

A. Mudah dalam pelaksanaan
B. Tidak mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel
C. Kesalahan simpel diketahui
D. Apabila terdapat kesalahan tidak begitu mempengaruhi hasilnya
E. Dapat cepat selesai

Jawaban : B

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Metode sampling yaitu memperoleh data dalam penelitian benda-benda yang akan menjadi jawaban dalam penelitian. Kerugian dari metode sampling sistematis yaitu tidak mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel.

47. Siswa Sekolah Menengan Atas kelas XII yang telah selesai menyusun laporan penelitiannya dalam bentuk karya tulis ilmiah diharuskan melaksanakan diskusi kelas yang dipimpin eksklusif oleh guru pembimbingnya. Diskusi dimaksudkan untuk memperoleh tanggapan dari guru pembimbing dan para siswa lainnya. 

Dari uraian di atas terdapat beberapa manfaat penyajian laporan penelitian melalui diskusi kelas kecuali ........

A. Menggunakan banyak sekali kemampuan untuk memperlihatkan kritik yang sangat tajam
B. Memberikan kesempatan kepada para penerima untuk menyalurkan kemampuan masing-masing
C. Memberikan kesempatan kepada penerima diskusi untuk mengajukan pertanyaan
D. Membantu penerima menilai kemampuan penelitian atau penulis laporan
E. Memperoleh tujuan balik dari penerima mengenai sasaran laporan yang telah dicapai

Jawaban : A

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :

Dari uraian di atas terdapat beberapa manfaat penyajian laporan penelitian melalui diskusi kelas kecuali memakai banyak sekali kemampuan untuk memperlihatkan kritik yang sangat tajam.

48. Perhatikan Label berikut! 
 Adanya duduk kasus sosial yaitu yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri Pintar Pelajaran Contoh Soal UN Sekolah Menengan Atas Sosiologi Tahun 2007, Kunci Jawaban, dan Pembahasan
Nilai modus dari tabel tersebut yaitu ........

A. 44,20
B. 45,70
C. 48,80
D. 42
E. 44

Jawaban : D

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :
 Adanya duduk kasus sosial yaitu yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri Pintar Pelajaran Contoh Soal UN Sekolah Menengan Atas Sosiologi Tahun 2007, Kunci Jawaban, dan Pembahasan
49. Data nilai sosiologi kelas XII IPS
 Adanya duduk kasus sosial yaitu yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri Pintar Pelajaran Contoh Soal UN Sekolah Menengan Atas Sosiologi Tahun 2007, Kunci Jawaban, dan Pembahasan
Berdasarkan data di atas, berapakah nilai median dari data tersebut ........

A. 48,80
B. 54, 67
C. 53,70
D. 54,66
E. 53,66

Jawaban : E

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :
 Adanya duduk kasus sosial yaitu yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri Pintar Pelajaran Contoh Soal UN Sekolah Menengan Atas Sosiologi Tahun 2007, Kunci Jawaban, dan Pembahasan

 Adanya duduk kasus sosial yaitu yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri Pintar Pelajaran Contoh Soal UN Sekolah Menengan Atas Sosiologi Tahun 2007, Kunci Jawaban, dan Pembahasan

50. Perhatikan tabel nilai Sosiologi kelas X berikut! 
 Adanya duduk kasus sosial yaitu yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri Pintar Pelajaran Contoh Soal UN Sekolah Menengan Atas Sosiologi Tahun 2007, Kunci Jawaban, dan Pembahasan
Nilai mean (rata-rata) dari tabel di atas yaitu ........

A. 71,92
B. 71,43
C. 73,75
D. 73,42
E. 73,14

Jawaban : C

SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2007

Penyelesaian :
 Adanya duduk kasus sosial yaitu yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri Pintar Pelajaran Contoh Soal UN Sekolah Menengan Atas Sosiologi Tahun 2007, Kunci Jawaban, dan Pembahasan

Demikianlah Contoh Soal UN Sekolah Menengan Atas Sosiologi Tahun 2007. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Created by InVirCom (C) July 1998, Last edited January 2003
// banksoal@invir.com
// http://www.invir.com

No comments:

Post a Comment