Tuesday, November 19, 2019

Pintar Pelajaran Bentuk Kolaborasi Ekonomi Internasional

Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional - Suatu negara tidak sanggup hidup sendiri, melainkan memerlukan pinjaman atau kolaborasi dengan negara lain. Bentuk kolaborasi dengan negara lain sanggup berupa kolaborasi di bidang politik, ekonomi, sosial, pendidikan, pertahanan, keamanan, dan sebagainya. Tujuannya pun berbeda-beda bagi setiap negara, salah satu di antaranya ialah untuk meningkatkan acara ekonomi sehingga pertumbuhan dan pembangunan ekonomi negara tersebut berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Nah, dari kenyataan itu mengatakan perlunya kolaborasi dengan negara lain.

Dalam perkembangan akhir-akhir ini, kolaborasi yang dilakukan cenderung ditujukan untuk peningkatan perdagangan internasional. Kerja sama perdagangan tersebut diperlukan sanggup meningkatkan kesejahteraan negara yang terlibat dalam perjanjian perdagangan, yaitu dengan mengandalkan komoditas yang mempunyai keunggulan komparatif maupun keunggulan kompetitif. Hal itulah yang melatarbelakangi Indonesia sebagai salah satu negara terbuka yang berkomitmen untuk ikut serta dalam perjanjian perdagangan bebas di banyak sekali kawasan.

Secara umum, kolaborasi perdagangan internasional ditujukan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masing-masing negara di daerah tersebut. Adapun secara spesifik, kolaborasi perdagangan internasional tersebut antara lain ditujukan sebagai berikut.

1. Memperkuat dan meningkatkan kolaborasi ekonomi, perdagangan dan investasi di antara para anggota.
2. Meliberalisasi secara progresif dan meningkatkan perdagangan barang dan jasa, serta membuat suatu sistem perdagangan yang transparan dan mempermudah investasi.
3. Menggali bidang-bidang kolaborasi yang gres dan membuatkan kebijakan yang sempurna dalam rangka kolaborasi ekonomi di antara para anggota.
4. Memfasilitasi integrasi ekonomi yang lebih efektif dari para anggota dan menjembatani kesenjangan pembangunan ekonomi di antara para anggota.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai bentuk-bentuk dan bidang kolaborasi antarnegara sanggup kau simak dalam pembahasan berikut.

1. Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional

Kerja sama ekonomi internasional ialah kolaborasi yang mengatakan hubungan antarnegara dalam bidang ekonomi dengan dasar kepentingan tertentu untuk sanggup meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan struktur acara ekonomi nasional. Kerja sama tersebut berada di bawah training dan pengawasan salah satu tubuh PBB yaitu Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC = Economic and Social Council), alasannya ialah ECOSOC merupakan tubuh PBB yang mengkoordinasikan pekerjaan-pekerjaan di bidang ekonomi dan sosial. Badan ini berada di bawah pengawasan Majelis Umum (General Assembly) yang bertugas memberi rekomendasi dalam menangani dilema pembangunan, perdagangan, kependudukan, industri, konservasi energi, ilmu pengetahuan, teknologi, dan lain sebagainya.

Berdasarkan bentuknya, kolaborasi ekonomi internasional terbagi dalam 4 (empat) macam, yaitu sebagai berikut.

a. Kerja Sama Ekonomi Bilateral

Kerja sama ekonomi bilateral ialah kolaborasi ekonomi yang melibatkan dua negara dan bersifat saling membantu. Contoh: kolaborasi ekonomi antara Indonesia dengan Malaysia, Indonesia dengan Cina, dan sebagainya.

b. Kerja Sama Ekonomi Regional

Kerja sama ekonomi regional ialah kolaborasi ekonomi di antara beberapa negara yang berada di daerah tertentu. Contoh: kolaborasi ekonomi antara negara-negara di daerah Asia Tenggara (ASEAN), antara negara-negara di daerah Eropa (MEE), antara negara-negara di daerah Asia Pasifik (APEC), dan sebagainya.

c. Kerja Sama Ekonomi Multilateral/Internasional

Kerja sama ekonomi multilateral ialah kolaborasi ekonomi yang melibatkan banyak negara dan tidak terikat oleh wilayah atau daerah negara tertentu. Kerja sama ini sanggup dalam satu daerah menyerupai ASEAN, MEE tetapi sanggup pula kolaborasi antarnegara yang berbeda daerah menyerupai OPEC, WTO, dan IMF.

d. Kerja Sama Ekonomi Antar Regional

Kerja sama ekonomi antar regional yaitu kolaborasi ekonomi di antara dua kelompok kolaborasi ekonomi regional. Contoh: kolaborasi antara MEE dengan ASEAN.



Anda kini sudah mengetahui Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Ismawanto. 2009. Ekonomi 2 : Untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 241.

No comments:

Post a Comment