Istilah laras pelog, yakni tangga nada yang terdiri dari tujuh nada yang berbeda. Nada-nada tersebut diantaranya nada; 1 (ji), 2 (ro), 3 (lu), 4 (pat), 5 (mo), 6 (nem) dan 7 (pi). Jika dibandingkan dengan tangga nada diatonis, susunan tangga nada pelog kurang lebih sama dengan susunan tangga nada mayor (do, re, mi, fa, so, la, si, do), namun penyebutan untuk karawitan tetap memakai bahasa jawa (ji, ro, lu, pat, mo, nem, pi).
Gamelan ialah salah satu alat musik yang dipakai untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga nada pentatonis. Beberapa alat pada gamelan terbuat dari bilah besi.
Alat musik gamelan dibuat dari adonan tembaga dan timah dengan ukuran tertentu. Ukuran dan perbandingan antara kedua logam tersebut sanggup menghasilkan bunyi yang berbeda. Campuran logam itu harus dipanaskan dengan suhu tinggi semoga mencair dan gampang dibentuk. Proses ini disebut
dengan peleburan.
Paduan bunyi yang dihasilkan oleh alat-alat musik tersebut terdengar serasi untuk mengiringi lagu-lagu yang dimainkan pada laras slendro atau pelog.
Perhatikanlah lagu tempat di bawah ini dengan saksama. Mintalah Guru untuk memperdengarkan lagu ini di kelas. Lalu tentukanlah tangga nada yang digunakan!
Judul Lagu : Cingcangeling | |
---|---|
Asal | Jawa Barat |
Tangga Nada | Slendro |
Arti syair lagu | Kleung dengdek buah kopi raranggeuyan Bunyi tetabuhan, buah kopi bertangkai-tangkai. Keun anu dewek ulah pati diheureuyan Biarkan! itu milikku jangan sering diganggu Cingcangkeling manuk cingkleng cindeten Ingatlah manusia, hati harus selalu tenang Plos kakolong bapak satar buleneng Agar menerima dunia yang penuh rahmat Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan Jangan hingga ketinggalan walau masih jauh Layarna bodas jeung celak kasurung ombak-ombak Layarnya putih dan terlihat kecil terdorong ombak |
Kesan | Gembira |
Nyanyikanlah lagu “Cing Cangkeling” dan beberapa lagu yang telah kau pelajari sebelumnya. Nyanyikanlah secara berulang-ulang hingga kau sanggup menyanyikannya sendiri! Carilah arti lagu-lagu tersebut untuk membantumu memahami pesan yang disampaikannya.
No comments:
Post a Comment